Pemprov Sinkronisasi Kcic Dengan Lrt Di Bandung Raya

74

Proyek kereta api cepat jakarta-bandung atau kereta cepat indonesia china, harus tersambung dengan delapan lrt di bandung raya, sehingga diperlukan kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha. selain itu, proyek kereta api cepat jakarta-bandung atau kereta cepat indonesia china, masih menghadapi proses pembebasan lahan di daerah pertambangan di cilalawi, kabupaten purwakarta.

Usai rapat tertutup di ruang kerjanya, sekretaris daerah jawa barat, iwa karniwa mengatakan, saat ini tengah diusulkan kerjasama antara pemerintah dengan badan usaha terkait kesinambungan antara kereta cepat jakarta bandung atau kereta cepat indonesia china, dengan 8 lrt di bandung raya, yang melipiti kota kabupaten bandung, kabupaten bandung barat, dan sumedang. hal tersebut karena, setelah dikaji tim akselerasi pembangunan jabar, pembangunan lrt bandung raya tidak pas untuk konsep bisnis to bisnis. oleh karena itu, diusulkan pola kerjasama pemerintah dan badan usaha. diperlukan sinkronisasi agar kcic tersambung dengan lrt.

Menurut iwa, hingga 22 januari 2018, perkembangan kcic cukup signifikan. dengan panjang 142 koma 3 kilometer mulai dari halim kilometer nol, ke karawan kilometer 41, walini kilometer 96, hingga tegaluar kilometer 142. jika dilanjutkan ke bandara kertajati, ada tambahan setidaknya 70 kilometer. trase dari tegaluar ke beberapa tempat transit di badung raya pun sedang dimatangkan oleh dinas perhubungan, dan sudah diusulkan ke kementerian perhubungan. selain itu, saat ini ada pembebasan lahan di cilalawi kabupaten purwakarta yang harus ditangani secara khusus, karena keberadaan pertambangan di wilayah tersebut. menurut iwa, selasa pagi ini, sudah didapatkan kajian dari esdm, untuk dilakukan pembebasan lahan.

Budi hartati, bandung tv.