Polda Jabar Bekuk Polisi Gadungan

111

Petugas tim cyber  direktorat reserse kriminal khusus polda jabar, berhasil mengungkap kasus penipuan di media sosial dan mengamankan seorang polisi gadungan sebagai pelaku. dalam beraksi, pelaku memeras korban yang membutuhkan pertolongan, dengan mengaku sebagai anggota polisi.

S-h pria asal bandung ini, terpaksa harus berurusan dengan polisi, setelah aksi kejahatannya menipu korban melalui media sosial, dibongkar petugas tim cyber direktorat reserse kriminal khusus polda jabar.

S-h yang mengaku sebagai anggota polri ini, diringkus petugas ditreskrimsus di jalan gatot subroto, kota bandung, saat bertemu dengan korban atau pelapor.

Modus yang dilakukan pelaku, yaitu membantu korban yang membutuhkan pertolongan di media sosial. untuk mengelabui korban, pelaku mengaku sebagai anggota polri dan meminta sejumlah uang dengan alasan untuk biaya operasional.

Selain meringkus pelaku, petugas pun berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa satu korek api berbentuk senjata api, satu name tag penyidik, tiga helai kaos oblong polisi, dua helai kemeja pdh reserse, uang tunai sebanyak satu juta rupiah, dan satu unit kendaraan roda empat.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku dapat dijerat pasal berlapis tentang menggunakan nama palsu atau martabat palsu, dengan ancaman hukuman penjara maksimal enam tahun dan denda satu milyar rupiah.

Yuwana kurniawan, bandung tv.