Kpu Cianjur Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih

105

Komisi pemilihan umum derah kabupaten cianjur mengelar pelatihan dan pembekalan relawan demokrasi tahun 2019, di  kantor kpud jalan suroso, pagi tadi. kegiatan tersebut untuk membantu kpu dalam meningkatkan partisipasi pemilih, hingga mencapai setidaknya target nasional yaitu 77 koma 5 persen.

Untuk meningkatkan partisipasi pemilih, komisi pemilihan umum dearah kabupaten cianjur menggelar pengukuhan sekaligus pembekalan 55 relawan demokrasi, yang tugasnya meningkatkan partispasi pemilu dan menyadarkan masyarakat untuk mencegah hoax, politik uang, serta isu sara. 55 relawan yang dilibatkan, direkrut dari kalangan mahasiswa, pelajar, dan seluruh lapisan masyarakat.

Menurut ketua kpu cianjur, hilman, tugas mereka yaitu menyampaikan tahapan-tahapan, terutama pelaksanaan pemilu serentak 2019, agar partisipasi masyarakat lebih tinggi dibandingkan pada pemilu 2014. terdapat sepuluh basis pada relawan demokrasi, diantaranya keluarga, pemilih pemula, komunitas, penyandang disabilitas, marginal, dan keagamaan.

Selain itu, terdapat tiga basis baru dalam relawan demokrasi 2019, yang tidak terdapat pada pemilihan umum pemilu 2014, yaitu warga internet, penyandang disabilitas, dan pemilih berkebutuhan khusus. relawan demokrasi dituntut adil terhadap semua peserta pemilu 2019. mereka diberikan bekal netralitas dan profesionalitas, dalam menjalankan tugas yang berkaitan dengan demokrasi. jika ada yang melanggar dari ketentuan, kpu akan memberikan sanksi.

Heri setiawan, bandung tv.