Napak Jagat Pasundan Coklat Kita 2019 Majalengka Ribuan Warga Tumplek di Alun-Alun

147

Tak terasa tahun 2018 telah meninggalkan kita, beralih ke tahun 2019. Proses detik-detik pergantaian tahun, dilakukan warga masyarakat dengan berbagai aktivitas liburan ke luar kota atau berkumpul bersama.

Salah satu kegiatan dilakukan oleh Napak Jagat Pasundan yang disupport penuh coklat dengan konsep edukasi pada masyarakat terkait dengan tatacara pengembangan dan berbagi ilmu serta pelaksanaan sebuah pagelaran seni yang bisa menarik antusiasme masyarakat untuk turut serta mengembangkan budaya lokal di tatar pasundan. Senin, (31/12/18) bertempat di Alun-Alun Kab. Majalengka, Napak Jagat Pasundan Coklat Kita menggelar acara special menyambut tahun baru 2019 sekaligus tasyakuran pemimpin baru wilayah Kabupaten Majalengka. Acara diisi, seni kuda penca, padepokan pencak silat Buyut Marga, Lisung perform oleh Ega Robot.

Andri Aryanto selaku Marketing Branch Promotion Coordinator Coklat Kita Sub Dso Majalengka menjelaskan, kegiatan yang diusungnya bertujuan untuk melestarikan budaya Sunda, sekaligus syukuran masyarakat Majalengka atas dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Majalengka yang memiliki banyak sanggar seni budaya.

Sebelumnya, kegiatan Napak Jagat Pasundan diisi saresehan para praktisi seni. Sementara Yoga selaku Event penyelenggara dari 6 CC mengatakan, kegiatan Napak Jagat Pasundan (NJP) menjadi perjalanan terakhir di tahun 2018, bekerjasama dengan Pemkab Majalengka yang sebelumnya terselenggara NJP “Lembur Kuring” yang diisi perform lima sanggar lokal Majalengka polesan duta Napak Jagat Pasundan, Ega Robot & Iman Jimbot.

Gelaran yang mengkombinasikan kesenian tradisi ini, dikemas dengan konsep ethnic modern yang diperkuat dengan visual multimedia, disokong permainan lighting, hingga gelaran ini menjadi sebuah tontonan yang spektakuler, ditambah hadirnya beberapa tampilan,  seperti kaulinan budak dan karya lukisan warga masyarakat Majalengka.

Selain dukungan dari para pengisi acara Napak Jagat Pasunda, antara lain Narasi Puisi Kang Dodi Kiwari & Lukis Bayang Pasir, Calung NJP, Iman “JIMBOT” kolaborasi Sanggar Seni Sunda Rancage, Grup Gambus Al Jazeera, Nuki Darso, Ega Robot Ethnic Percussion kolaborasi Sanggar Seni Mayang Cinde, dan penampilan special dari Doel Sumbang yang membawakan beberapa lagu hitsnya.

Ribuan warga Majalengka yang tumpah ruah menyaksikannya. Serta puncak acara ditutup dengan Tausiah dilanjutkan dengan sambutan jelang tahun baru 2019 oleh Bupati Majalengka DR. H. Karna Sobahi M.M.Pd. dan Wakil Bupati Tarsono D Mardiana S.Sos, berlanjut dengan pembacaan Shalawat.

Menurut all talent utama, yakni Doel Sumbang, Ega Robot dan Iman “JIMBOT”,  setiap kegiatan Napak Jagat Pasundan mereka selalu semangat. Khusus di Majalengka ini penontonnya heboh & tertib, santun serta tenang. (E- 009)***