Raitalexander Menginspirasi Bisnis Online Era Milenial

169

Semakin mudahnya masyarakat untuk  memiliki dan  membeli segala macam kebutuhan yang mereka inginkan melaui sistem online, merupakan sebuah kemajuan jaman yang  memberi dampak besar terhadap masyarakat.

Para pelaku bisnis yang menggunakan dan memanfaatkan  sistem online mendapat keuntungan, karena  banyaknya  masyarakat yang menggunakannya. Melalui kemudahan dan keuntungan berbelanja online, konsumen  tidak perlu lagi repot  keluar rumah untuk berbelanja.

Saat ini, system online berkembang pesat terutama untuk bidang usaha di kalangan masyarakat. Salah satunya adalah bisnis online sepatu dan sandal wanita Raitalexander yang dirintis  oleh mojang Bandung bernama Raita Syaumi Emira di Kota Bandung. Ketika ia berusia sekitar 15-16 tahun, Raita yang memiliki banyak teman, ingin menggelar pesta ultah sweet seventeen.

Hal ini yang mendorong Raita untuk membuat sepatu sebanyak 5 pasang di salah satu toko, karena ia ingin memiliki banyak koleksi sepatu. Saat itulah, ia ditawari untuk menekuni bisnis online oleh karyawan toko tersebut, dan berlanjut mejadi usaha Raita saat ini,  bahkan beberapa produknya  berhasil mengendorse para influencer, di antaranya Rachel Venya dan Ify Alyssa yang merupakan personel girlband BLINK.

Sebagai pemilik dari brand Raitalexander dan sebagai entrepreneur muda, Raita mengaku bahwa, nama brandnya diambil dari namanya sendiri (Raita), dengan maksud agar lebih dikenal. Sedangkan nama Lexander terinspirasi dari nama beken ala ABG ketika itu.  Ketika berusia 15 tahun, belum terpikirkan oleh Raita untuk membuka usaha. Jelang kuliah, ia mulai mencoba untuk membuat desain sendiri, sambil mengikuti permintaan pasar untuk model sepatu.

Ciri dari produk buatan Raita adalah, pada produk sandal untuk santai, karena di brand lain jarang yang menjual sandal. Followers atau market produknya lebih banyak anak kuliahan, jadi mereka lebih suka dengan sepatu-sepatu santai yang bisa dipakai juga untuk kuliah.

Strategi promosinya adalah, dengan memakai digital marketing di Instagram, endorse , maupun photoshoot bersama Influencer atau model. Produk Raita dibandrol kisaran harga Rp 100.000 sampai Rp.150.000.  Bila ada kegiatan promosi, untuk dua pasang produknya dijual seharga Rp  100.000 sampai Rp 120.000.

“Kita memperbanyak promosi dan diskon. Untuk sistem pembelian yang melalui pre-order dan ready stock, kita buka sebulan 2 kali, dan untuk diskon dibuka selama 7-10 hari.  Biasanya  untuk pre-order mencapai  2100 pasang sepatu. Sedangkan untuk ready stock disalurkan ke market place, antara 500-1000 pasang setiap bulannya. Bagi teman-teman yang ingin mengikuti bisnis online,  sekarang ini sudah dimudahkan dengan dunia digital melalui media social, seperti Instagram yang bisa dimanage oleh kita sendiri, tentunya dengan mengikuti peraturan yang ada di sosmed tersebut,” ungkap Raita.

Keuntungan yang bisa dimiliki dan dinikmati oleh penjual maupun pembeli, menjadi faktor yang membuat bisnis ini berkembang pesat. Bagi yang penasaran untuk mengetahui beragam model produk sepatu dan sandal Raita, bisa langsung follow di IG : @raitalexandershoes, serta websitenya di : www.raitalexanderstore.com// who knows . (E- 009) ***