Menikmati Sate Kambing Muda Khas Cirebon Dijual Secara Kodian

208

Kuliner di Kota ”udang” Cirebon terkenal akan citarasa dan unik merupakan perpaduan berbagai budaya yang membangun peradaban di Cirebon.

Sebut saja di antarnya nasi jamblang, empal gentong serta nasi lengko, termasuk sate kambing muda khas Cirebon. Sate kambing berasal dari daging kambing yang masih berusia dibawah satu tahun. Para penjual sate kambing muda ini dengan mudah bisa temui  di Kota Cirebon, antara lain warung sate H Apud dan H. Barno,  dua warung sate terkenal di Cirebon.

Bahan sate daging kambing muda terasa empuk saat dikunyah.Untuk bumbunya, terdapat dua bumbu yang bisa dipilih pembeli , bumbu kacang atau  kecap. Bumbu kacang   lebih kental bila dibandingkan  umumnya bumbu kacang  sate di daerah lain. Sedangkan bumbu kecap berupa kecap,tomat,irisan bawang serta cabe rawit.Para penjual sate kambing muda menjual penganannya dengan sistem kodian berisi  20 tusuk. Dalam satu kodi  harganya akan berbeda tergantung dari keinginan konsumen apabila konsumen menginginkan daging tanpa lemak biasanya harganya lebih mahal.

Ciri khas lainnya pada sate kambing khas Cirebon adalah dalam proses pengolahan sate,daging segar tidak direbus dahulu,melainkan langsung dibakar di atas bara api.Para penikmat sate biasanya menyantap sate ini dengan nasi putih hangat , namun ada juga yang menikmatinya dengan nasi lengko.Masing – masing penikmat sate mempunyai formula sendiri dalam menikmati hidangan favoritnya. Namun kita perlu memperhatikan juga resiko kesehatan apabila mengkonsumsi daging kambing,apalagi untuk para penikmat sate yang memiliki riwayat penyakit hipertensi usahakan jangan makan sate berlebihan.

Kita sering mendengar daging kambing tidak baik untuk kesehatan. Apa saja sebenarnya kandungan nutrisi daging kambing.Menurut situs pengawas makanan Amerika, USDA, setiap 100 gram daging kambing mengandung 27 gram protein, 143 kalori, lemak cukup rendah sekira 3 gram, namun kandungan kolesterolnya tinggi sekira 75 mg. Selain itu, seperti halnya daging sapi, daging kambing mengandung zat besi, vitamin B12, fosfor dan selenium. Jadi perlu diingat , disamping aneka nutrisi , makan daging kambing jangan berlebihan. Karena kolesterol yang terkandung di dalamnya cukup tinggi. (E-003) ***