Pentingnya Talang Air Mobil

165

Beruntung bagi mobil keluaran terbaru yang biasaya sudah dilengkapi dengan door visor atau talang air. Meski terlihat sepele, talang air yang terpasang di mobil ternyata mempunya fungsi cukup vital.

Sesuai namanya, talang air berguna untuk mencegah masuknya air ketika kaca mobil terbuka, terutama saat berkendara pada musim hujan, saat kaca mobil dibuka ketika akan mengambil tiket atau membayar tol atau untuk mengurangi dinginnya suhu di dalam kabin.

Selain membuat tampilan mobil lebih enak dilihat, fungsinya talang air sangat menolong karena bisa mencegah air masuk ke dalam kabin, terutama dalam melindungi beragam tombol elektrik, salah satunya panel power window yang menempel pada door trim.

“Sebagian orang menganggap sepele hal ini, padahal pemasangan talang air sangat bermanfaat, terutama saat musim hujan untuk melindungi panel power window dari cipratan air yang masuk ke kabin yang tidak menutup kemungkinan bisa menyebabkan korsleting panel power windor,” tutur Fahmi, owner bengkel mobil Fahmi Jaya Motor kepada BB.

Bagi pemilik yang mobilnya belum terpasang talang air tak perlu khawatir, karena aksesoris ini banyak tersedia di pasaran.

Kisaran harga yang ditawarkan cukup bervariatif, mulai dari Rp 250.000 sampai Rp1 juta, tergantung jenis dan kualitas barang yang dipilih. (E-002)***