17 Wna Di Cianjur Miliki Ktp-El Setelah Kantungi Kitap

51

Sempat viral di media sosial, pihak imigrasi pastikan 17 warga negara asing, yang memiliki k-t-p elektronik sudah sesuai persyaratan dengan mengantungi kartu izin tetap, atau kitap. meski mempunyai k-t-p elektronik dan tercatat di dinas kependudukan dan catatan sipil, namun para w-n-a tersebut, tidak mempunyai hak suara pada pemilu mendatang.

Sempat menjadi viral, terkait kepemilikan kartu tanda penduduk elektronik, beberapa waktu terkhir, dinas kependudukan dan catatan sipil kebupaten cianjur beserta pihak imigrasi, akhirnya angkat bicara. berdasarkan data base yang dimiliki disdukcapil cianjur, sebanyak 17 warga negara asing dari berbagai negara yang berada di cianjur, memang memiliki kartu tanda penduduk elektronik. berdasarkan peraturan, kepemilikan k-t-p elektronik bagi tenaga kerja asing memang diatur oleh undang-undang nomor 24 tahun 2013 tentang administrasi. bahkan merujuk pada pasal 63, tenaga kerja asing dengan kondisi tertentu wajib mempunyai k-t-p el. menurut kepala kantor imigrasi sukabumi, warga negara asing yang memiliki kartu tanda penduduk elektronik ini telah memiliki persyaratan khusus yakni kartu izin tinggal  tetap.

 kepala dinas kependudukan dan catatan sipil kabupaten cianjur menegaskan, 17 warga negara asing yang telah memiliki k-t-p el tersebut, tidak mempunyai hak suara pada pemilu mendatang.

Bentuk k-t-p elektronik yang dimiliki para warga negara asing tersebut, sekilas sama dengan k-t-p el milik warga negara indonesia. namun pada kolom kewarganegaraan, ditulis negara asal mereka, serta memiliki masa berlaku selama lima tahun, berbeda dengan k-t-p el milik w-n-i, dengan masa berlaku seumur hidup.

Heri setiawan, bandung tv.