Mahasiswa Ancam Golput Pada Pemilu 2019

76

Merebaknya informasi hoax jelang pemilu 2019, serta para politisi yang hampir tak menyentuh persoalan masyarakat dalam menyampaikan visi  misi, membuat masyarakat terutama generasi muda merasa jenuh terhadap politik. menanggapi hal tersebut, mahasiswa dari berbagai organisasi di bandung, menggelar diskusi golput untuk demokrasi.

Jika dahulu golput dinggap perbuatan apatis terhadap politik, berbeda dengan saat ini. bagi sebagian orang, golput dianggap perbuatan cerdas di kala kondisi politik seperti saat ini. informasi hoax atau bohong yang mewarnai pemilu, baik pemilihan presiden atau legislatif, ternyata berdampak negatif bagi demokrasi di negeri ini. hal itu terlihat, ketika mahsiswa mulai membahas persoalan golput, atau sikap tidak menentukan pilihan dalam pemilu kali ini.

Sikap golput atau tidak memilih, ternyata bukan tanpa alasan. selain informasi hoax, hal tersebut juga akibat visi misi yang disampaikan para calon, tidak menyentuh akar persoalan masyarakat. selain itu, janji tersebut sudah terlalu sering diucapkan para caleg sebelumnya, namun tidak terealisasi.

Elsa misalnya, seorang mahasiswi generasi milenial ini enggan memilih, karena menganggap para calon tak ada yang menyentuh persoalan rakyat, karena tak pernah merasakan penderitaan, atau berasal dari kalangan atas. dirinya menganggap, tidak memilih sebagai sikap cerdas. calon yang tidak menyentuh persoalan rakyat, tidak hanya untuk legislatif, namun juga capres dan cawapres.

Berbeda dengan elsa, menurut vira, seorang mahasiswi yang juga peserta dalam diskusi tersebut, tidak memilih bukan merupakan langkah tetap. sebab, dengan memilih berarti akan ada calon pemimpin yang akan meneruskan kepemimpinan di negeri ini, dengan harapan lebih baik.

Diharapkan, dengan diskusi ini, informasi hoax dapat diberantas, dan para politisi yang mencalonkan diri dalam pemilu, dapat menyentuh persoalan masyarakat dalam visi misi mereka. dengan begitu, semua masyarakat berpartisipasi dalam pemilu kali ini.

Yuwana kurniawan, bandung tv.