Kpu Temukan Surat Suara Pilpres Rusak Dan Kurang 27.205 Lembar

47

Kpud cianjur menemukan kekurangan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden 17 april 2019 mendatang , dari keseluruhan setiap kemasan dus surat suara , terdapat kekurangan 23.835 , lembar surat suara , ditambah temuan surat suara yang rusak , 3.370 .

Setelah  4 hari dilakukan sortir dan pelipatan surat suara pemilu presiden dan wakil presiden , yang melibatkan 500 orang pekerja sortir . komisi pemilihan umum daerah  cianjur  , menemukan kekurangan jumlah isi lembar surat suara di tiap kemasan , yakni dua puluh tiga ribu delapan ratus tiga puluh lima lembar surat suara . ditambah dengan adanya temuan surat suara yang rusak , tiga ribu tiga ratus tujuh puluh lembar surat suara . sehingga jumlah keseluruhan surat suara yg kurang dalam kemasan dus dan surat suara yang rusak , mencapai dua puluh tujuh ribu dua ratus lima lembar surat suara.

 sementara jumlah kemasan dus berisi surat suara pemilu presiden dan wakil presiden , sebanyak 850 dus , masing-masing dus berisi  2.000 , lembar surat suara . setelah dilakukan penyortiran  , terdapat kekurangan jumlah isi lembar surat suara dalam setiap kemasannya .surat suara yang rusak terlihat warnanya yang pudar , terdapat percikan tinta , kotor , serta didominasi surat suara yang sobek dan bolong .

Dengan ditemukannya surat suara yang rusak dan kurang dari kemasan dus , pihak kpud cianjur , secepatnya akan melaporkan temuan tersebut ke pihak kpu pusat , sekaligus mengajukan penambahan kekurangan surat suara akibat rusak dan jumlahnya kurang .

Heri setiawan, bandung tv.