Digital Marketing Mampu Mendongkrak Potensi UMKM  

90

BISNIS BANDUNG — Pengamat Ekonomi Universitas Widyatama Bandung, Keni Kaniawati SE.M.Si menyebut, strategi pemasaran secara digital menggunakan perangkat internet dilakukan pelaku UMKM untuk berkomunikasi dengan calon konsumen.

“Dalam rangka mengimplementasikan strategi digital marketing, kami dan tim PKM Widyatama memberikan edukasi, bimbingan dan pelatihan penerapan strategi digital marketing agar para pelaku UMKM dapat memasarkan dan mempromosikan produknya secara  online. Menggunakan digital marketing menggunakan internet, lanjut Keni, bermanfaat banyak bagi UKM, antara lain produk tersebar luas. Cara murah dan mudah dalam memasarkan menggunakan online. Jelas mendapatkan konsumen. Efisien dan efektif memasarkan produk dan mendapatkan umpan balik langsung dari konsumen.

          Namun demikian menurut Keni, walau digital marketing sangat bermanfaat, tapi masih ada kendala yang terjadi dilapangan antara lain, seperti di antaranya kemampuan kualitas sumber daya manusia yang terbatas. Kurang stabilnya jaringan koneksi internet yang terkadang lama dalam meng-upload maupun mengunduh. Teknologi komunikasi atau komputer yang dipakai harus ditingkatkan kapasitasnya, sehingga cepat mengolah dan mengirimkan data serta informasi. Dikemukakan Keni Kaniawati, banyak pelaku UMKM sangat menginginkan usahanya berkembang, salah satu kendalanya adalah dalam memasarkan produknya. Di jaman modern dan teknologi serta sistem pemasaran berbasis internet atau e-commerce saat ini semua pelaku usaha tanpa terkecuali usaha kecil harus menggunakan semua perangkat kemajuan teknologi dalam mengelola maupun mengebangkan bisnis. Tujuan mengunakan internet oleh pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing dan kinerja usaha karena konsumen sudah berubah menggunakan sistem online dengan biaya murah dan efisien. Dalam dunia usaha, penjualan bisa dikatakan sebagai ujung tombak, tanpa ada penjualan, perusahaan akan gulung tikar karena kehabisan “resource” sumber daya. Walau, lanjut Keni, penjualan sebuah produk gampang-gampang susah, ada banyak variabel yang harus diperhatikan, di antaranya dalam menerapkan strategi pemasaran yang cocok.

 Keni menyebut contoh pemasaran produk UMKM di Pantai Pangandaran yang masih sangat sederhana. Tapi karena ditunjang objek wisata Pantai Pangandaran yang semakin terkenal menjadikan perekonomian warga sekitar terbantu.(E-018)***