Mengintip Gaya Hidup Hemat 5 Miliarder Terkaya Dunia

218

Menjadi orang terkaya di dunia tentu membuat orang-orang menganggap segala hal bisa dibeli oleh para miliarder. Mereka dianggap akan memiliki gaya hidup mewah yang tidak jauh dari mengadakan pesta besar setiap waktu, memiliki yacht dan vila mewah, mengoleksi benda-benda antik yang mahal dan lainnya.

Namun bagaimana jika miliarder dengan kerajaan bisnis besar justru melakukan gaya hidup yang sangat hemat, jauh dari bayangan orang-orang tentang miliarder?

Berikut beberapa gaya hidup hemat miliarder, dikutip BB dari Business Insider:

  1. Warren Buffet

Kekayaannya yang mencapai USD 82,8 miliar atau sekitar Rp 1.170 triliun membuatnya menjadi orang terkaya ke-3 di dunia. Namun siapa sangka dia hanya mengeluarkan sedikit uangnya dan berhemat?

Buffet masih tinggal di rumah tuanya yang dibangun pada tahun 1958. Rumah tersebut dibeli seharga USD 31.500 dan saat ini harganya setara dengan USD 276.700 atau sekitar Rp 3,9 miliar. Rumah yang bisa dijangkau oleh orang biasa.

Mobilnya adalah Cadillac XTS keluaran tahun 2014 yang harganya berkisar USD 44.600 atau sekitar Rp 630,7 juta. Selain itu, Buffet juga tidak punya smartphone. Dia menggunakan flip phone.

Makanan favoritnya adalah paket sarapan dan makan malam di McDonald seharga USD 3,17 atau sekitar Rp 44 ribu. Kalau sedang ingin, dia juga makan di Gorat’s Steak House dengan menu yang berkisar antara USD 3 hingga USD 41, atau sekitar Rp 40 ribu hingga Rp 580 ribu saja.

  1. Jim Pattison

Dia adalah Warren Buffet versi Kanada. Dengan kekayaan USD 6,57 miliar atau sekitar Rp 92,8 triliun, Pattison memiliki selera otomotif yang hampir sama dengan Buffet.

Miliarder ini memiliki Dodge Ram Laramie yang harganya berkisar antara USD 31 ribu hingga USD 56 ribu atau sekitar Rp 438 juta hingga Rp 791 juta. Dia tidak mengoleksi mobil mahal, lukisan atau barang antik yang mahal. Dia juga hanya makan malam dengan menu biasa seperti saat masih belum sukses seperti sekarang.

  1. Mark Zuckerberg

Siapa yang tidak mengenal pendiri Facebook ini? Kekayaannya yang mencapai USD 63,6 miliar atau sekitar Rp 898,3 triliun ini justru membuatnya bersikap sederhana.

Saking sederhananya, Mark hanya menggunakan kaos tiap bekerja dan bepergian, kecuali ke acara formal. Kaos abu-abu terkenal itu dianggap sudah menjadi ikon dari miliarder ini.

Dia dan istrinya, Priscilla Chan, juga dikenal sering makan makanan di luar. Kabarnya, mereka makan burger McDonalds setelah pernikahan mereka tahun 2012 lalu.

Mobil Mark juga tidak begitu mahal. Dia hanya memiliki Acura TSX dan Honda Fit yang harganya di bawah USD 30 ribu atau sekitar Rp 424 juta.

  1. Charlie Ergen

Ketua Dish Network yang mengundurkan diri pada 2017 ini dilaporkan memiliki kekayaan USD 11 miliar atau sekitar Rp 155,5 triliun. Meski begitu, tidak semata-mata gaya hidupnya boros.

Dia bercerita bahwa dia lahir dari keluarga bawah. Setiap hari, miliarder ini membawa bekal ke kantor yang isinya roti lapis dan minuman energi.

  1. Jeff Bezos

Miliarder Amazon ini dikabarkan memiliki kekayaan USD 136 miliar atau sekitar Rp 1.923 triliun dan dinobatkan sebagai orang terkaya nomor satu sedunia. Namun mobilnya hanya Honda Accord yang harganya sekitar USD 30 ribu atau sekitar Rp 424 juta. Dia juga sering berdonasi dengan jumlah yang fantastis. (C-003)**