Keelokan Kamojang Ecopark Ditengah Hutan Pinus

278

Destinasi wisata terbaru di wilayah Garut ini sangat unik di desain kekinian, sehingga membuat para pengunjung betah, selain lokasinya terbilang dan strategis, juga mudah dijangkau oleh kendaraan karena terletak di pinggir Jalan Samarang – Kamojang. Destinasi wisata yang baru dibuka untuk umum belum lama, dikenal dengan nama Kamojang Ecopark, berada di kawasan hutan pinus perbatasan antara wilayah Kabupaten Garut dan Bandung, sekitar 400 meter sebelum gerbang masuk menuju Kecamatan Ibun Kab Bandung atau kurang lebih dua kilometer sesudah Pusat Konservasi Elang Kamojang.

Ada dua alternatif menuju lokasi,  dari Kota Garut  bisa melalui  tempat wisata Kampung Sampireun, Kamojang Green Resort dan juga Kebun Mawar Situhapa. Area Ecopark terletak di sebelah kiri jalan jika dari arah Garut. Jika anda berangkat dari arah Bandung, bisa menggunakan rute Bandung – Majalaya – Ibun – Kamojang Ecopark. Rute dari Bandung harus hati-hati karena jalanan di dominasi oleh tanjakan cukup curam. Jadi pastikan kendaraan yang digunakan harus prima. Kondisi jalan yang dilalui berupa jalan beton.

Memasuki kawasan Kamojang Ecopark membayar tiket seharga Rp.10.000 plus parkir Rp 5000. Sesampai di lokasi kita akan menikmati pohon pinus yang berjejer rapi, ditambah semilir angin dan udara segar benar-benar jadi bonus buat yang datang kesini. Di Kamojang Ecopark ada beberapa fasilitas unggulan seperti rumah makan yang nuansanya berupa rumah pohon terbuat dari kayu, juga terdapat semacam amfitheater, penyewaan ATV, Flying Fox, Extreme Swing. Selain tersedia wahana permainan anak-anak.

Daya tarik utama dari Kamojang Ecopark adalah area hutan pinus yang luas yang tertata  rapi, hingga terlihat unik, Jika diperhatikan terlihat semacam venue terbuka di tengah area hutan pinus dan tebing dengan beberapa spot untuk berfoto. Memiliki udara yang sejuk membuat tempat ini cocok untuk menyepi. Daya tarik lainnya dilokasi ini di antaranya menikmati keindahan alam dari ketinggian menggunakan balon terbang. Biaya untuk menaiki Balon terbang Rp 10.000/ orang. Di Kamojang Ecopark, kita bisa merasakan sensasi flying fox dengan lintasan sepanjang 250 meter dengan membayar Rp 30.000/orang. Aktifitas menarik yang bisa kita nikmati bersama keluarga di Kamojang Ecopark adalah camping. Bermalam di Kamojang dengan udara dingin, api unggun dan suasana alam pada malam hari menjadi salah satu suasana yang bisa dinikmati, menambah liburan semakin berkesan. Kita juga bisa berkeliling menaiki Jeep bersama keluarga. Kita akan dibawa mengelilingi kawasan Kamojang Ecopark dengan dan jalanan yang naik turun . (E-001) ***