Teknologi Layar Ponsel Jadi ‘Speaker’ Dipatenkan

335

LG telah mendaftarkan hak paten teknologi yang dapat membuat layar ponsel menjadi pengeras (speaker) dan penguat suara (amplifier). Teknologi ini awalnya bernama Crystal Sound OLED Technology namun saat dipatenkan berubah nama menjadi LG Display Speaker.

Teknologi ini berfungsi dengan memperkuat suara melalui getaran permukaan layar. Getaran ini menghasilkan suara dari seluruh layar OLED.

Sebelumnya teknologi ini sempat dipamerkan pada LG G8 ThinQ di gelaran Mobile World Congres 2019.

Pada dasarnya, teknologi ini menggunakan layar sebagai diafragma untuk menghasilkan getaran. Getaran inilah yang memproduksi suara. Teknologi ini nantinya akan membantu meningkatkan kualitas suara di perangkat mobile. Teknologi ini juga meningkatkan kejernihan agar suara terdengar lebih halus dan nyata.

Dilansir dari blog Belanda LetsGoDigital, paten perangkat yang didaftarkan itu dideskripsikan “audio speaker untuk ponsel pintar; dalam bentuk jam tangan; layar ponsel; layar OLED yang berfungsi sebagai penguat suara, dan speaker suara.”

Bila semuanya berjalan sesuai rencana, diperkirakan teknologi teknologi ini juga akan diimplementasikan ke smartwatch. Tapi, sebelum diterapkan ke smartwatch, LG harus mengatasi beberapa masalah terlebih dulu. Salah satunya masalah desain dan ukuran, ketika perusahaan tersebut akan mempergunakan fitur ini untuk smartwatch.

Saat ini, LG berfokus menerapkan paten mereka untuk smartwatch, dan perangkat ponsel pintar. LG juga tengah mengusahakan smartwatch yang memiliki kamera terpasang di bodi perangkat itu, seperti dilansir BGR. (C-003/LEA)***