Dirugikan, Konsumen Dapat Mengadu Ke 17 Badan Peradilan

42

Masih banyak konsumen yang diperdayai ketika membeli sesuatu terutama secara online. Menyikapi hal tersebut, gubernur jawa barat ridwan kamil mengatakan, jika merasa dirugikan sebagai konsumen, masyarakat jawa barat dapat mengadu ke tujuh belas badan peradilan, yang ada di tujuh belas daerah di jabar.

Memperingati hari konsumen nasional, gubernur jawa barat ridwan kamil mengatakan, banyak masyarakat jawa barat yang diperdayai saat membeli sesuatu, baik secara online maupun konvensional. Bahkan, dirinya pun pernah diperdaya saat membeli barang di pameran, maupun ketika membeli secara online. Gubernur yang akrab disapa emil ini pun ingin memastikan bersama kementerian perdagangan, setiap hak konsumen mempunyai perlindungan yang luar biasa. Lembaga untuk pengaduan pun ada yang bersifat resmi maupun swadaya. Badan penngadilannya ada di 17 daerah di jabar, sebagai salah satu yang jumlahnya tertinggi di indonesia. Emil pun memastikan agar semua produsen memiliki nomor hotline pengaduan. Bahkan, ukm kecil pun akan diberi penyadaran, supaya memiliki tempat pengaduan bagi konsumen.

Senada dengan gubernur, menteri perdagangan republik indonesia pun mengatakan, saat ini masih banyak konsumen yang diperdayai dengan membeli sesuatu berbeda dengan yang dijanjikan. Oleh karena itu, pihaknya berusaha menyadarkan masyarakat melalui edukasi tentang hak konsumen, dan mendorong produsen bertanggung jawab.

Dengan diperhatikannya hak konsumen, gubernur berharap, ekonomi indonesia akan luar biasa, karena konsumennya berdaya.

Budi hartati, bandung tv.