Mangkrak Enam Tahun, Dermaga Cisolok Akan Segera Diselesaikan

39

Menteri koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, melakukan kunjungan kerja ke Sukabumi. Dalam kunjungannya, luhut meninjau dermaga Cisolok yang mangkrak selama hampir enam tahun. Ia berjanji akan segera menyelesaikan pembangunan dermaga bagi nelayan cisolok tersebut.

Tiba di cisolok, kabupaten sukabumi, luhut langsung meninjau pembangunan pelabuhan pendaratan ikan atau PPI cisolok, di desa Cikahuripan, Cisolok, yang mangkrak selama hampir enam tahun. Setelah melihat langsung dermaga, menurut luhut harus ada perubahan desain dermaga, sehingga dengan adanya revisi tersebut tidak terjadi pendangkalan saat semua kapal bersandar di dermaga. Sementara untuk proses pembangunan diperkirakan selesai satu setengah tahun mendatang. Dan membutuhkan dana sekitar 186 miliar.

luhut berjanji pembangunan dermaga tersebut akan segera diselesaikan, bahkan selama proses pembangunan  pihaknya akan terus mengecek untuk mengetahui sampai sejauh mana proses perkembangan pembangunannya. Karena selama ini para nelayan menyandarkan kapal miliknya di tengah laut. Selain itu, apabila terjadi ombak besar, sejumlah perahu nelayan yang datang rusak diterjang ombak.

Sementara itu, ketua persatuan nelayan tradisional indonesia atau p-n-t-i, aji troy menyambut gembira komitmen pemerintah untuk melanjutkan kembali pembangunan dermaga cisolok, sebelum dilanjutkan, ia meminta kepada konsultan untuk turun ke lapangan mempelajari terjangan ombak di sekitar dermaga.

Keberadaan dermaga cisolok itu sangat diperlukan oleh nelayan untuk mendarat, pasalnya selama ini nelayan harus ke pelabuhan perikanan nusantara di palabuhan ratu yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari cisolok.

 

Budi setiawan, bandung tv.