Memperin Ajak Industri Tingkatkan SDM Siap Kerja

32

Menteri perindustrian Airlangga Hartarto, meluncurkan Program Pendidikan Vokasi Industri sekolah menengah kejuruan. program ini diharapkan mampu meningkatkan kapasitas sumberdaya manusia, yang siap untuk terjun langsung ke dunia perindustrian.

menteri perindustrian, Airlangga Hartarto, didampingi dirjen pendidikan dasar dan menengah Kemendikbud disambut Wakil Gubernur Jawa Barat, di Cicurug, Kabupaten Sukabumi, untuk meresmikan program pendidikan vokasi industri bagi SMK. Menteri perindustrian menyatakan, program Vokasi Industri yang terhubung dan sesuai, atau Link And Match antara SMK dan Industri, menjadi landasan reformasi pendidikan. Dengan harapan, lulusannya langsung terserap di dunia kerja. meskipun program ini baru berjalan dua tahun, mampu menyerap sebanyak 2600 lulusan SMK. Program Vokasi Industri yang digagas oleh pemerintah, bekerjasama dengan 800 Industri. selama ini, Industri dan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan membantu SMK, 20 miliar.

Airlangga Hartarto mengatakan, adanya program ini, diharapkan industri mampu memberikan vokasi dan inovasi bagi SMK. Pemerintah, akan memberikan keringanan pajak bagi industri yang memberikan vokasi.

Dalam kesempatan tersebut ,pemerintah memberikan hibah sejumlah mesin dan mobil bagi SMK. menperin, menargetkan satu juta tenaga kerja tersertifikasi sampai tahun 2019, yang dilaksanakan melalui enam program utama, di antaranya pendidikan vokasi berbasis kompetensi serta diklat dengan sistem Three In One.

 

Budi setiawan, bandung tv.