Dinginkan Suhu Pilpres, Warga Cikole Gelar Perang Palaguna Toya

37

Warga kampung cibedug, desa cikole, kabupaten bandung barat, menggelar perang palaguna toya,a atu perang menggunakan air kopi dan air susu, senin sore.perang palagina toya  digelar dalam rangka mencairkan suasana atau suhu pilpres yang sudah mulai terasa panas.

Cara unik dilakukan warga kampung cibedug,desa cikole,lembang,kabupaten bandung barat,untuk meredam panasnya suhu politik pemilihan presiden,yakni dengan menggelar perang palaguna toya.perang palaguna toya,merupakan perang antara warga,dengan menggunakan air kopi dan air susu.

Warga yang menonton pun bisa ikut serta dalam perang tersebut.perang palagina toya,diikuti oleh seluruh lapisan masarakat desa,mulai dari perangkat desa,tokoh adat dan masyarakat.

Dalam pagelaran perang palaguna toya tersebut,diperkirakan jumlah amunisi yang disediakan berjumlah lima ribu bungkus kopi dan susu.amunisi berupa kopi dan susu,didapat dari urunan warga dan dibantu pengusaha kopi setempat.perang palaguna toya,pada awalnya merupakan hajat ruwatan lembur,yang telah digelar setiap tahunnya.namun untuk kali ini,perang palaguna toya,dimanfaatkan untuk meredam suhu pilpres yang sudah naik.

Pagelaran perang palaguna toya,salah satu tujuannya yakni agar warga tetap rukun dan bisa saling menghormati,hingga hajat politik pilpres usai.

Algi ghifari,bandungtv.