Olahraga Bola Basket Berkembang Sejak PON 1948 di Solo; LA Streetball Campus Championship 2019 Digelar di Bandung

70

Di Indonesia perkembangan olahraga bola basket memiliki sejarah cukup panjang. Walau belum memiliki induk olahraga nasional, saat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional pertama yang diselenggarakan di Solo pada tahun 1948, bola basket telah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan dan mendapat sambutan cukup meriah, baik dari segi peserta maupun penonton.

Salah satu kegiatan LA Streetball sebagai induk dari kedua kompetisi LA Campus League dan Battle Of Campus tahun terus berkomitmen untuk kemajuan bola basket dilingkungan kampus, sebagaimana telah dilaksanakan pada tanggal 6- 10 Maret 2019 dalam bentuk kompetisi LA Streetball Campus Championship di GOR Citra Arena Kota Bandung.

Dwi Eriano dari Mahaka Sports mengatakan, dalam mencari beberapa pemain basket, pihak LA Streetball mencarinya melalui roadshow ke kota-kota di Indonesia. Saat ini setelah ada jebolan LA Campus Leage & LA Battle Of Campus yang notabene satu induk dengan LA Streetball, walau di sisi lain , pemain terpilih hanya bisa melakukan freestyle saja, tapi tidak bisa mencetak score, beda dengan sekarang yang fundamental, skill juga dari 8 tim menjadi 2 pool, setiap pool akan ketemu dan 2 tim terbaik di setiap pool akan lolos ke babak semifinal. Ditambahkan Dwi, bersamaan dalam mekanisme pemilihan pemain pada Maret 2019  akan ada tiga pelatih, ditambah 10 pemain terpilih.

Tries Pondang Simbolon, dari LA Streetball mengatakan, delapan tim yang akan berlaga  merupakan tim bola basket putra terbaik  hasil  kompetisi bola basket putra antar kampus LA Campus League (LACL) 2018 dan Battle of Campus (BOC) 2018.

“LA Streetball Campus Championship merupakan apresiasi terhadap empat tim terbaik di BOC dan LA Campus League. Ini merupakan kejutan event turnamen basket di awal taun 2019,” ujar Tries kepada wartawan di Hotel Bumi Kitri.

Tries berharap, untuk meraih mimpi dari ajang bergengsi Streetball International dapat diraih dengan terus memperkuat tim basket kampus. Sehingga regenerasi streetballer dapat  tumbuh berkembang dan mendapatkan kesempatan untuk para pebasket professional. (E- 009)***