Sebanyak 17.440 Surat Suara Di Kabupaten Bandung Rusak

67

Dari hasil penyortiran dan pelipatan kertas surat suara,untuk sementara Komisi Pemilihan Umum, KPU Kabupaten Bandung mencatat ada 17 ribu 440 lembar surat suara yang rusak. Kerusakan, paling banyak terdapat pada surat suara untuk DPR RI, yakni 5 ribu 403 lembar.

Ketua KPU Kabupaten Bandung – Agus Baroya menyatakan, jumlah surat suara yang rusak, 17 ribu 440 lembar tersebut, masih bersifat sementara karena belum termasuk kerusakan kertas surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang hingga hari ini belum juga didistribusikan oleh KPU provinsi.

KPU Kabupaten Bandung, masih menunggu penghitungan surat suara yang belum datang, yaitu surat suara untuk pemilihan Presiden dan Wakil Presiden yang rencananya datang pada hari ini. Namun hingga kini, jadwal turunnya surat suara pemilihan presiden dan wakil presiden masih mundur jadwal pengirimannya.

Untuk total surat suara DPR RI yang masuk ke KPU Kabupaten Bandung, ada 2 juta 408 ribu 662 lembar, dengan jumlah surat suara yang rusak sebanyak 5.403 lembar. Sedangkan untuk surat suara DPRD provinsi mencapai 2.408.563 lembar, dengan jumlah surat suara yang rusak 3.490 lembar.

Menurut ketua KPU Kabupaten Bandung – Agus Baroya, ada beberapa jenis kerusakan surat suara yang paling menonjol, yakni ada bercak di kotak partai atau nama calon, kedua terdapat lipatan kertas surat suara sehingga saat kertas surat suara tersebut dibuka tampak keriput.

Lebih lanjut ia mengatakan, jumlah surat suara DPRD kabupaten mencapai 2.053.970 lembar, dengan jumlah surat suara yang rusak, yakni 3.742 lembar. Sedangkan kertas surat suara DPD mencapai 2.172.029 lembar, dengan jumlah surat suara yang rusak sekitar 4.805 lembar.

Rezytia Prasaja, Bandung tv.,