Dicky Candra; Nama Yang Berbeda-beda

69

Dicky Candra, tahun 2016 lalu sempat menjalani sidang di Pengadilan Negeri Tasikmalaya. Disidangkan, bukan karena kasus korupsi, melainkan terkait nama lengkapnya.

Nama Dicky Candra  berbeda-beda di akta kelahiran, kartu tanda penduduk (KTP) yang dikeluarkan dari Kecamatan Cileungsi, Bogor tempat tinggalnya serta nama pada  ijazah SMA-nya.

Dalam persidangan  terungkap, pada akta lahir, tertulis Rd Dicky Candranegara , tapi pada surat keterangan dari Camat Cileungsi (gelar Raden/Rd- red ) huruf  d –nya hilang  , ditulis R Dicky Candranegara, kemudian ketika mendaftar dalam  pencalonan  wakil walikota Tasik ke KPUD beberapa waktu lalu, nama Dicky ditulis Rd Dicky Candranegara.

 Suami Rani Permata ini dalam persidangan tidak duduk di kursi terdakwa, tapi di kursi yang biasa diduduki jaksa penuntut umum ketika menjalani persidangan.

Dicky menghadirkan saksi yang merupakan saudara sepupunya, Tedi dan Yudi. Lewat pengacaranya,  memohon kepada hakim agar menetapkan secara hukum nama lengkapnya, yakni Rd Dicky Candranegara. Seusai persidangan, Dicky menjelaskan, nama  sebenarnya adalah yang tercantum di akta lahir. Namanya berubah ketika membuat KTP di Cileungsi.

“Perubahan nama dari Dicky menjadi Diky. Lalu  Rd menjadi R . Saya tidak tahu kenapa orang tua memberi nama Rd. Mungkin Rd itu Raja Dangdut,”ungkap Dicky waktu itu.

Awalnya, Dicky tidak menghiraukan perbedaan tulisan namanya di sejumlah dokumen karena dia merasa tidak akan melamar kerja  atau jadi pegawai pemerintah. (B-003/net) ***