Harga Komoditas Bawang Di Pasar Tradisional Merangkak Naik

36

Harga komoditas bawang , yakni bawang merah dan bawang putih di beberapa pasar tradisional, di Kabupaten Bandung, sudah mulai dirasakan pedagang sejak sepekan ini. Sejauh ini, pedagang mengaku tidak mengetahui penyebab naiknya harga.

Sejumlah harga komoditas bawang merah dan bawang putih di beberapa pasar tradisional, di Kabupaten Bandung, mulai merangkak naik. seperti di pasar tradisional Banjaran, kecamatan Banjaran, Kabupaten Bandung, harga komoditas bawang naik signifikan, bahkan sampai menyentuh angka lima puluh persen. Sebelumnya bawang merah dijual dengan harga dua puluh delapan ribu rupiah, kini, harga bawang merah untuk kualitas bagus dijual seharga lima puluh ribu rupiah perkilogram, sedangkan untuk kualitas sedang dijual dengan harga empat puluh ribu rupiah per kilogram. Bawang putih , kini dijual dengan harga tiga puluh dua ribu rupiah per kilogram dari harga awalnya tiga puluh ribu rupiah per kilogram. Kenaikan harga ini sudah mulai dirasakan pedagang sejak sepekan ini. Sejauh ini, pedagang mengaku tidak mengetahui penyebab naiknya harga bawang.

Sementara itu, para pembeli khususnya ibu rumah tangga, berharap kenaikan harga ini tidak berlangsung lama mengingat resiko dapur tidak bisa ditunda – tunda, karena merupakan kebutuhan sehari – hari.

Di samping naiknya harga komoditas bawang, sejumlah harga komoditas sayuran terpantau stabil, seperti kentang yang dijual seharga dua belas ribu rupiah perkilogram, tomat delapan ribu rupiah perkilogram, jengkol tiga puluh enam ribu rupiah perkilogram dan wortel dua belas ribu rupiah per kilogram.

Rezytia Prasaja, Bandung tv.