Mendagri Minta Semua Daerah Punya Anggaran Bencana

40

Banyaknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, Jawa Barat khususnya, membuat menteri dalam negeri republik Indonesia, Tjahyo Kumolo meminta, semua daerah mempunyai anggaran bencana yang siap dikeluarkan, sebelum turunnya anggaran dari pusat. Hal tersebut agar diupayakan seminimal-minimalnya, korban jiwa dari setiap bencana yang terjadi.

Menteri dalam negeri republik Indonesia bersama beberapa Gubernur yang tergabung dalam mitra praja utama mengikuti pembukaan rapat kerja Gubernur kesembilan belas, forum kerjasama daerah, selasa malam. Dalam pembukaan rapat kerja tersebut, menteri dalam negeri, Tjahyo Kumolo menyatakan, setiap daerah harus mempunyai anggaran kebencanaan yang siap dikeluarkan, jangan sampai terpancang pada administrasi yang ruwet dalam menunggu turunnya anggaran dari pusat.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, ridwan kamil mengatakan harapannya agar antar-Gubernur minimal di daerah Lampung, Jawa, hingga NTT, berkomitmen mencari pola kerjasama yang lebih taktis, dalam penanggulangan bencana. Pada raker tersebut pun akan dihasilkan cetak biru kesiapan dalam kebencanaan.

Pada pembukaan raker tersebut pun, Gubernur Jawa Barat memberikan sumbangan 2 milyar rupiah dari Pemprov Jabar, dan hampir empat ratus juta rupiah dari asn, secara simbolis kepada bupati jayapura sebagai bentuk kepedulian pada daerah yang terkena bencana.

Ayu putri, budi hartati, bandung tv.