Diduga Melanggar Dokumen Keimigrasian, Imigrasi Amankan Tujuh Wna Asal China

99

Tujuh warga negara asing asal China, diamankan petugas imigrasi kelas TPI Sukabumi. Ketujuh WNA tersebut, diamakan ketika tengah bekerja di proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro di Sagaranten, Sukabumi, Jawa Barat. WNA asal China tersebut diamankan atas  ada dugaan pelanggaran keimigrasian.

Tiba di Kantor Imigrasi Sukabumi, petugas seksi penindakan dan pengawasan keimigrasian, imigrasi kelas II Sukabumi, langsung mengamankan ke tiga WNA asal China tersebut ke ruang detensi imigrasi, sedangkan empat WNA lainnya dibawa ke ruangan pemeriksaan untuk menjalani proses pemeriksaan lebih lanjut.

Kepala Seksi Intelijen Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian, Zulmanur Arif mengatakan, keberadaan WNA itu berdasarkan informasi dari masyarakat, kemudian pihaknya langsung melakukan pengecekan ke lokasi proyek, hasilnya didapatkan informasi ada tenaga kerja asing asal China.

Apabila terbukti melakukan pelanggaran, ke tujuh WNA tersebut akan ditindak sesuai aturan yang berlaku seperti dideportasi atau tindakan pro yustisia. Namun apabila tidak terbukti melakukan pelanggaran akan di bebaskan.

 

Budi setiawan, bandung tv.