Kpud Cimahi Sosialiasi Pemilu 2019 Kepada Disabilitas

51

Komisi Pemilihan Umum – KPU Cimahi mensosialisasikan proses pemilihan atau pemungutan suara Pemilu 2019, kepada para penyandang disabilitas di Kota Cimahi. Namun sayangnya, aksesbilitas pemilu bagi penyandang disabilitas khususnya bagi penyandang tunanetra masih terbatas. Pasalnya, hampir dipastikan KPU tidak akan menyediakan semua surat suara braille untuk memudahkan pencoblosan bagi penyandang tunanetra.

Komisi Pemilihan Umum Daerah, KPUD, Kota Cimahi menggelar sosialisi pemungutan suara Pemilu 2019, kepada 120 penyandang disabilitas, di Sekolah Luar Biasa SLB Negeri Citeureup, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi Rabu petang.

Disabilitas yang mengikuti sosialisasi, sebagaian besar adalah para penyandang tunantera dan tunarungu. Dalam sosialisasi tersebut, KPU tidak menyediakan contoh surat suara braille. Sehingga beberapa kali, para penyandang disabilitas terutama tunantera dibantu dalam menentukan gambar dan nomor pilihan calon pada surat suara.

Pada pelaksanaan pemungutan suara 17 April 2019 nanti, KPU hanya menyediakan surat suara berbentuk braille, untuk calon presiden dan wakil presiden saja. Sementara saat simulasi, empat template lainnya untuk DPR RI, kemudian DPR RI, DPRD Provisi dan DPRD Kota dan Kabupaten tidak tersedia. Hal ini dikeluhkan oleh para penyandang disabilitas tunanetra.

Komisioner KPU – Sri Suasti menyatakan, KPU tidak akan menyediakan TPS khusus bagi para penyandang disabilitas. Seperti pada pesta demokrasi sebelumnya, para penyandang disabilitas yang masuk dalam daftar pemilih tetap, atau DPT akan melakukan pemungutan suara di TPS yang telah terdaftar dan berbaur dengan masyarakat umum lainnya.

 

Algi – ghifari bandungtv.