Sosialisasi Pencoblosan Pemilu,70 Persen Nelayan Cidaun Masih Bingung

30

Sosialisasi cara pencoblosan pemilu di tingkat nelayan di Kabupaten  Cianjur , masih sangat kurang diminati. dari sosialisasi pecoblosan yang dilakukan mahasiswa, baru tiga puluh persen nelayan yang mengetahui jumlah surat suara. sisanya banyak yang tidak ikut memilih karena bingung banyaknya surat suara dan tidak kenal dengan para calon.

Untuk mensukseskan pemilu 17 april mendatang dan mengurangi angka golput ditingkat nelayan, sejumlah mahasiswa dari fakultas hukum universitas suryakancana, Kabupaten  Cianjur, mensosialisasikan tata cara pencoblosan kepada ratusan nelayan pantai jayanti ,Cidaun, Cianjur, diatas perahu. satu persatu para nelayan ikut dalam sosilisasi pencoblosan dengan menggunakan specimen surat suara dari kpu Cianjur.dari lima surat suara yang diberikan ke nelayan,hanya tiga surat suara yang dicoblos yakni surat suara capres, DPR RI dan surat suara partai. dua surat suara lagi dikembalikan lagi ke para mahwasiswa karena banyak nelayan yang bingung. menurut salah seorang nelayan, selama masa pemilu pihak KPU Cianjur belum pernah ada yang datang ke para nelayan untuk sosialisasi pencoblosan atau jumlah surat suara. para nelayan saat ini mengaku masih bingung mengenai banyaknya surat suara saat pencoblosan pemilu 17 april nanti.,

Sementara itu menurut perwakilan mahasiswa, sosialisasi ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan nelayan mengenai pemilu, ternyata dari hasil sosialisasi pencoblosan dari lima ratus jumlah nelayan hanya tiga puluh persen yang mengerti tata cara pencoblosan. sisanya lebih tidak memilih karena bingung banyaknya jumlah surat suara.hal tersebut diduga kurangnya sosialisasi dari kpud Kabupaten  Cianjur.

Heri setiawan, bandung tv.