Timpora Perketat Pengawasan Keberadaan Wna

51

Kantor Keimigrasian kelas II non TPI Sukabumi, membentuk timpora. Jujuannya yakni, optimalisasi pengawasan terhadap Warga Negara Asing atau WNA di tingkat kabupaten dan kecamatan di wilayah Kabupaten Cianjur.

Pasca ramainya isu WNA yang terdaftar dalam DPT Pemuli 2019 , keimigrasian kelas II non TPI Sukabumi, mengadakan sosialisasi sekaligus membentuk timpora, atau tim pengawasan orang asing yang ada di kabupaten maupun di tingkat kecamatan. Timpora, terdiri atas dari unsur pemerintah, TNI, Polri dan Pihak Imigrasi.

Menurut kepala kantor wilayah Kemenkumham Jawa Barat, liberti sitinjak, dengan dikukuhkannya timpora, pengawasan terhadap orang asing di wilayah hukum Indonesia, terutama Jawa Barat, khususnya Cianjur, menjadi tanggung jawab semua pihak. Menurutnya, pengawasan orang asing tidak bisa dilakukan oleh salah satu instansi, yakni kantor keimigrasian dan namun perlu keterlibatan semua pihak.

Pembentukan timpora tingkat kabupaten dan kecamatan di Cianjur, dasar hukumnya merujuk kepada pasal 69, Undang-Undang Nomor 6 tahun 2011, tentang keimigrasian. Timpora pun dibentuk untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi serta sinergitas antar instansi, terkait pengawasan keberadaan dan aktivitas orang asing di wilayahnya masing-masing.

Timpora kedepanya, diharapkan akan lebih mengoptimalkan pengawasan termasuk koordinasi dan menyamakan persepsi, agar upaya pengawasan yang dilakukan di lapangan bisa lebih efektif dan efisien. Pengawasan orang asing,nantinya tidak hanya dipusatkan di kawasan perindustrian,namun juga di semua lokasi.

Heri Setiawan , Bandung Tv .,