Iwa Kartiwa; Gelorakan Bahasa Indung

94

Gerakan lomba cipta lagu atau kawih asuh barudak (lagu anak-anak) yang berorientasi pada kearifan lokal Jawa Barat dicanangkan Sekda Jabar Iwa Karniwa di Gedung Sate, Sabtu (30/3/2019). Pancanangan disaksikan ratusan pelajar se- Kota Bandung serta alumni Daya Mahasiswa Sunda (Damas) Angkatan Muda Siliwangi dan Paguyuban Pasundan.

“Ini gerakan seluruh masyarakat Jawa Barat, meski diinisiasi oleh tiga lembaga, yakni Alumni Damas, AMS dan Paguyuban Pasundan. Pemerintah mendukung sepenuhnya ,” ujar Iwa.

Di samping itu, gerakan lomba cipta lagu  ini  merupakan salah satu bentuk penghargaan kepada seniman dan budayawan Sunda, Ubun Kubarsah yang  memiliki andil besar dalam menciptakan lagu anak-anak berbahasa daerah. Prosesi pencanangan yang dilakukan di halaman depan Gedung Sate  dimeriahkan ratusan siswa SD hingga SMA dan mahasiswa yang serentak menyanyikan sejumlah kawih Sunda ciptaan Ubun disertai gerakan tari. “Ini adalah salah satu bentuk apresiasi Pemprov Jabar, Paguyuban Pasundan, AMS dan seluruh komponen masyarakat Jabar kepada salah satu tokoh Parahyangan, yaitu Kang Ubun. Sekaligus kita juga menggelorakan kembali bahasa indung agar kita semua ngahiji dalam  mempercepat kesejahteraan Jabar,” ungkap Iwa ketika ditemui selepas acara. (E-011) ***