Cara Mengatasi Motor Injeksi Yang Kehabisan Bensin

714

Kehabisan bensin di tengah perjalanan terkadang bikin panik si pengendara. Selain repot mendorong motor sampai stasiun pengisian bahan bakar, ada keraguan jika motor susah dihidupkan setelah diisi bensin .

Kalau motor yang masih mengadopsi sistem pengabutan karburator, setelah kehabisan bensin dan tangki bensin terisi lagi, mudah tinggal membuka tuas choke buat menyemburkan bahan bakar  ke karburator guna mempercepat pembakaran, sambil mengengkol starter kaki berulang kali.

Namun beda cerita pada motor yang sudah injeksi dan tidak memiliki choke. Umumnya  sulit dihidupkan meski tangki bensin sudah terisi lagi.

Padahal  menurut Technical Training PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, cukup nyalakan kunci kontak mesin seperti biasanya , tunggu sesaat sampai terdengar bunyi dengungan yang menandakan pompa bensin bekerja.

“Harusnya tidak bermasalah, begitu habis bensin sampai motor berhenti, dan kemudian di isi, setelah kunci kontak dihidupkan selama kurang lebih 2 detik, pompa bahan bakar atau fuel pump akan menyalurkan bahan bakar dari tangki ke injektor, kemudian saat distarter mesin motor akan langsung hidup,” kata Endro.

Hanya saja bila dalam waktu 2 detik motor tidak bisa menyala, jangan panik. Cukup putar kunci kontak on-off secara berulang guna memancing pompa bensin memasok bensin ke injektor dan mempersiapkan kompresi yang sesuai untuk pembakaran.

Hal ini karena ada sistem yang langsung mematikan atau memutus pasokan bensin dari pompa bensin ketika tidak ada lagi debit bahan bakar pada tangki.

Jadi walaupun tangki sudah terisi penuh, pompa bensin masih dalam keadaan kosong apabila kunci kontak tidak dalam posisi on. Lalu mengapa harus berulang kali memutar kunci kontaknya?

Bisa jadi karena pompa bensin tidak terlalu kuat memasok bensin ke injektor akibat masih adanya angin palsu saat tangki bensi dalam kondisi kosong ,  untuk menyiasatinya nyalakan kunci kontak berulang. (E-002/BBS)***