Keunikan Curug Cirajeg Sagaranten Berada di Tengah Persawahan

890

Air terjun atau curug dalam bahasa Sunda di beberapa wilayah  Jawa Barat cukup banyak.  Di antaranya wilayah Kabupaten Sukabumi yang bisa disebut gudangnya. Di daerah ini, banyak curug yang memiliki panorama indah serta keunikan tersendiri. Salah satu curug  yang dikunjungi Mandalawangi adalah Curug Cirajeg di  Sagaranten. Daerah ini juga memiliki destinasi wisata minat khusus favorit  , yakni goa Buni Ayu. Untuk mencapai Curug Cirajeg diperlukan waktu satu sampai dua jam perjalanan dari pusat Kota Sukabumi. Curug berlokasi di wilayah Kecamatan Purabaya.  Perjalanan dari pusat Kota Sukabumi , melalui  Baros, Nyalindung sampai di Purabaya. Layaknya jalur selatan Jawa Barat kontur jalan berkelok kelok  dengan turunan dan tanjakan curam. Untuk perjalanan ini , siapkan kondisi fisik prima untuk mengemudi selain pastikan kondisi mesin kendaraan cukup baik.

 Bila menggunakan kendaraan umum  sesampai di terminal Purabaya, melanjutkan perjalanan dengan mencarter kendaraan pick up ataupun ojeg. Secara administratif Curug Cirajeg berada di wilayah dusun Cirajeg, Desa Neglasari, Kecamatan Purabaya Kabupaten Sukabumi. Untuk sampai ke area Curug dibutuhkan jenis kendaraan khusus karena jalanan belum terlalu baik,  berupa jalan desa yang didominasi batu dan lumpur. Sesampainya di Desa Neglasari, agar meminta penduduk setempat mengantar menuju lokasi.Dari sini kita trekking, jalan setapak menuju Curug Cirajeg mengarah ke hilir sungai, berjalan melalui jalur pematang sawah diperlukan kehati – hatian karena bisa saja kita tergelincir dan terjatuh ke sawah . Pada jalur akan dilalui saluran irigasi yang tertutup semak belukar. Normalnya waktu perjalanan  dari wilayah pemukiman hingga lokasi curug  sekitar 20 menit.

Sesampai di lokasi kita akan disuguhi bentang alam yang menakjubkan . Air curug  agak keruh karena ada sedimen berupa tanah dari area pesawahan , tempat Curug Cirajeg yang  sekelilingnya persawahan dengan pemandangan hamparan hijaunya tanaman padi, ditambah gemericik air dan tebing batu hitam. Di area jatuhan air terjun ,  tidak ada kubangan berupa kolam sebagai pertanda batuan dinding Curug Cirajeg tahan erosi. Air curug  sangat tergantung pada musim,bila musim kemarau airnya tidak begitu besar.Daya tarik utama Curug Cirajeg ialah pemandangan kawasan curug yang masih alami,selain itu lokasi curug yang terletak di tengah sawah memiliki keunikan tersendiri.Terdapat tempat swafoto serta gazebo untuk beristirahat,kedua tempat ini merupakan dua lokasi spot favorit para pelancong.

Curug Cirajeg memiliki topografi membentang lebar , sehingga sangat menarik bila dijadikan latar belakang berswafoto. Di curug ini para pelancong bisa menyegarkan diri dibawah kucuran air terjun,lebarnya curug menyebabkan kucuran air tidak begitu terasa deras sehingga relatif aman untuk bermain  dibawahnya, batuan dinding tidak licin, aman untuk pijakan dan pegangan.Panorama alam indah berpadu dengan suasana yang masih alami membuat Curug Cirajeg menjadi referensi destinasi wisata alam yang harus dikunjungi di wilayah Kabupaten Sukabumi. (E-001) ***