Menikmati Pesona Destinasi Wisata di Sumatera Barat

102

Mengunjungi Sumatera Barat tanpa mengunjungi dan melihat-lihat Rumah Gadang ibarat makan sayur tanpa garam. Untuk memenuhi rasa penasaran, saya mendapat kesempatan mengunjungi salah satu rumah Gadang di kawasan Payakumbuh, tepatnya di Nagari Sungai Baringin Kabupaten 50 Kota. Rumah Gadang ini merupakan destinasi wisata yang diresmikan pada tahun 1994. Kedatangan kami ke tempat ini disambut dengan prosesi adat perkawinan Minangkabau.Saya  mengikuti prosesi ini,salah satu prosesinya ialah sajian pencak silat dan tarian khas Minangkabau yang dibawakan muda-mudi. Selanjutnya kami dibawa masuk ke dalam rumah gadang yang megah,didalam bangunan ini kami mendapat petuah tentang upacara perkawinan adat Minangkabau dilanjutkan dengan makan siang  adat Minangkabau.

Hari selanjutnya saya melakukan eksplorasi keindahan laut dekat Kota Padang.Sejak beberapa tahun terakhir pemerintah setempat beserta para pelaku wisata laut  gencar mempromosikan keindahan laut serta beberapa pulau disekitarnya. Kemudian di Kota Bukit Tinggi mengunjungi pelabuhan Bungus  yang sangat ramai di kunjungi pelancong dari dalam maupun luar negeri. Di pelabuhan yang banyak dikunjungi wisatawan, ditempatkan polisi wanita memberikan informasi kepada para pelancong yang membutuhkan penjelasan. Dengan ramah para petugas memberikan informasi kepada para pelancong tanpa kecuali. Keberadaan para Polwan wisata ini dirasakan sangat membantu rasa aman para wisatawan maupun  dalam memberikan informasi bagi para pelancong.

Pada kesempatan berada di wilayah Sumatera Barat,  saya sempat  mengunjungi Pulau Pasumpahan dan Pulau Pagang.  Pulau Pasumpahan berada di perairan  Bungus Teluk Kabung Kota Padang . Menuju Pulau Pasumpahan dari pantai Bungus bisa ditempuh kurang lebih 45 menit menggunakan speed boat. Perjalanan menggunakan speed boat, kita bisa menikmati pesisir pantai berpadu dengan pulau pulau kecil sangat memanjakan mata. Sesampainya di pesisir pantai Pulau Pasumpahan,hamparan pasir putih lembut seolah menyambut kedatangan saya, ditambah birunya air dengan riak ombak kecil menjadi suguhan yang jarang diperoleh.  Fasilitas penunjang wisata tampak mulai dibangun. Beberapa pondokan serta penjual makanan dan minuman mudah ditemukan. Keindahan alam Pulau Pasumpahan membuat  pelancong jatuh hati pada destinasi ini, termasuk saya yang tidak  hentinya mengabadikan keindahan ini dengan kamera.

Puas menikmati keindahan Pulau Pasumpahan,speed boat  membawa kami menuju Pulau Pagang yang berada di wilayah Nagari Sungai Pinang Kecamatan Koto Sebelas Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan. Keindahan pulau ini tidak kalah dengan Pulau Pasumpahan, pantainya berpasir putih dengan air laut jernih berwarna biru mengagumkan. Pulau yang masih ”perawan” ini memiliki keindahan luar biasa. Bentang alam karya sang pencipta ini sangat indah,tiada padanan kata yang bisa  menggambarkannya.Keunikan lain di tempat, yakni  terdapat beberapa spot untuk snorkeling yang sempat saya coba. Saat berada dikedalaman bersama ikan – ikan yang berseliweran, hanya kekaguman serta puji syukur yang bisa saya lakukan, selain merasa beruntung  bisa menikmati keindahan alam . (E-001) ***