UKM Piningit Diversifikasikan Olahan Berbahan Oncom

57

BISNIS BANDUNG – Komunitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Dusun Pasi­rreungit Tonggoh Desa Pasirreungit Kecamatan Paseh memproduksi berbagai olahan kuli­ner dan oleh- oleh khas Sumedang..
Berbagai kuliner itu diantaranya rengginang, keripik pisang, keripik singkong dan berbagai olahan dari oncom.
“Setelah berdiri selama tiga tahun, kami telah membuat banyak olahan kuliner. Terutama,aneka ragam olahan produk oncom,” ujar Cucu anggota Komunitas UKM Piningit saat berbincang dengan Bisnis Bandung di galerinya, Selasa (09/4/2019).
Dikatakan Cucu, tujuan didirikannya UKM Piningit agar warga Desa Pasir­reungit mempunya penghasilan. “Juga, agar para perempuan Desa Pasireungit dapat membantu dalam peningkatan perekonomian keluarganya,” ujar Cucu.
Cucu menjelaskan, Komunitas UKM Piningit nya secara khusus mengolah berbagai olahan oncom yang notabene merupakan ciri khas Desa Pasireungit. Diantaranya, keripik oncom, abon oncom, pangsit oncom serta gorengan.
“Diversifikasi itu dilakukan untuk meningkatkan daya beli masyarakat. Karena, tidak semua masyarakat menyukai oncom. Dengan pengolahan oncom menjadi berbagai aneka olahan diharapkan menarik masyarakat untuk membeli,” jelasnya.
Cucu menyebutkan , untuk masalah pemasaran, UKM Piningit telah melakukan berbagai langkah promosi lewat medsos, dan pameran dengan cara datang langsung ke toko toko di wilayah Sumedang dan sekitarnya.
“Alhamdulillah, pemasaran tidak hanya dilakukan di sekitar Sumedang, tapi sudah sampai ke Cirebon, Bandung dan lainnya. Banyak juga reseller yang datang untuk mengambil barang dari UKM Piningit ,” ungkap Cucu.
Cucu berharap ada bantuan permodalan dari pemerintah maupun swasta untuk pengembangan UKM Piningit..
“Kami optimistis usaha ini dapat berkembang dan maju. Semua potensi kuliner di Desa Pasirreungit bisa memiliki daya saing di pasaran,” tambah Cucu mengemukakan harapannya. (E-010)***