Nasi Tiwul dan Sayur Ikan Hiu Sajian Khas Kota 1001 Goa

114

Pacitan, Jawa Timur dikenal memiliki banyak  destinasi wisata. Di antaranya , pantai yang memiliki panorama  asri , selain  banyak goa yang pesonanya tidak bisa disepelekan. Tak sebatas menawarkan destinasi wisata yang mempesona saja, daerah yang mendapatkan julukan  Kota 1001 Goa ini menawarkan kuliner yang enak, salah satunya nasi tiwul.  Sajian nasi tiwul  yang dikenal enak , salah satunya di Rumah Makan Bu Gandos  di Jalan Raya Pacitan Solo KM 5. Lokasinya berada di pinggir jalan,  jadi sangat mudah menemukannya.

Nasi tiwul ,  sebuah olahan berbahan dasar  gaplek (singkong) yang  dikeringkan, dijemur dibawah terik matahari. Dari bahan gaplek inilah proses awal  sajian nasi tiwul.  Untuk masyarakat kota dari luar Kota Pacitan, nasi tiwul mungkin masih terasa asing. Makanan tradisional khas Jawa ini identik sebagai konsumsi masyarakat pedesaan. Nasi tiwul disajikan dengan beberapa lauk , seperti ikan  goreng, sayur tahu tempe , ditambah sambal dan ketimun.

Menu utama yang ditawarkan di beberapa rumah makan  berupa nasi tiwul yang disajikan dengan urap, sambal dan beberapa jenis masakan ikan laut. KOnsumen bisa melihat proses pembakaran ikan  segar. Menu ikan yang  jadi favorit para pembeli adalah gulai ikan tongkol, sate ikan, udang dan  seafood lain. Salah satu hal yang membuat banyak orang ketagihan dengan masakan ikan laut , karena ikan yang dimasak berupa  ikan segar  . Selain citarasa masakan yang pas dengan selera konsumen.

Salah satu menu lainnya adalah nasi tiwul dengan kuah sayur  ikan hiu. Namun, tenang saja sobat traveler, sayur ikan hiu bukan benar-benar berasal dari ikan hiu . Tapi jberasal dari sejenis  Ikan  yang bentuknya mirip ikan hiu.  Nasi tiwul  tidak lembek ,  cenderung kenyal, berwarna kecokelatan dan terasa manis  menjadi primadona di resto milik Bu Gandos. Ikan yang digunakan pada sayur ikan hiu dimasak dengan bumbu-bumbu khas,  ditambah santan dan lalapan.

Untuk harga  relatif terjangkau . Destinasi wisata  kuliner nasi tiwul  Pacitan merupakan favorit para pelancong ,biasanya para pelancong , selain ingin menikmtai kuliner khas Pacitan , juga melakukan rekreasi di goa – goa atau pantai  yang terkenal memiliki keelokan pemandangan khas pantai selatan.Pemerintah setempat , kini tengah gencar membenahi sektor pariwisata  karena Pacitan memiliki  banyak destinati daya alam . (E-001) ***