Pesona Pantai Sadranan Di Gugusan Pegunungan Kapur Gunung Kidul

49

Deretan pantai-pantai di pesisir selatan menjadi objek wisata andalan Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul. Di antaranya berupa keindahan alam bawah lautnya , diambah berbagai fasilitas penunjang yang ditawarkan , membuat pantai-pantai di Gunung Kidul selalu ramai dikunjungi wisatawan pada akhir pekan dan pada hari libur panjang tiba. Salah satu pantai yang kerap dikunjungi  wisatawan karena daya tarik utamanya untuk aktivitas snorkeling atau berkano adalah Sadranan yang berada agak  tersembunyi di gugusan pegunungan kapur Gunung Kidul  yang memiliki pemandangan  boleh disebut luar biasa . Ombak dengan permukaan air sangat tenang , sangat cocok berwisata bersama keluarga. Rute perjalanan menuju lokasi  dari Kota Yogyakarta  melalui arah Wonosari atau jalur alternatif  jalan Imogiri-Panggang. Jika Anda mengambil rute Wonosari,  ambil rute ke arah selatan menuju pantai Baron. Setiba di pos retribusi akan menemukan pertigaan , dari sini perjalanan  arahkan menuju  pantai Krakal karena pantai Sadranan berada di sebelah timur Krakal.

Pantai-pantai di Gunung Kidul memang menghadirkan beragam keindahan panorama alam yang memanjakan mata pengunjungnya. Tidak seperti objek wisata lain yang membanderol tiket dengan harga mahal, biaya retribusi pantai ini  bersahabat dengan wisatawan. Pihak pengelola pantai Sadranan  mematok tiket seharga Rp 10.000/orang. Jumlah biaya retribusi tersebut  bertambah Rp 2.000 apabila Anda membawa kendaraan bermotor. Sementara  bagi Anda yang membawa kendaraan roda empat  dikenakan biaya parkir Rp 5.000. Setelah tiba di Pantai Sadranan,  Anda dapat menikmati berbagai fasilitas yang tersedia seperti Snorekling, menyewa perahu kano, gazebo atau dome untuk camping.

Selain Nglambor, pantai Sadranan menjadi spot alternatif terbaik untuk melakukan aktivitas snorekling. Keindahan bawah laut pantai ini sayang seklai jika  Anda lewatkan untuk tidak dinikmati karena terdapat berbagai spesies terumbu karang dan jenis biota laut di dalamnya. Apabila Anda ingin melakukan aktivitas snorekling,  tidak perlu khawatir karena biaya penyewaan alat hanya  sebesar Rp 50.000/jam. Aktivitas lain disamping snorekling yang dapat Anda lakukan di pantai ini adalah mendayung kano. Kini, Anda tidak perlu mendatangi pantai Pandawa di pulau Bali untuk sekedar menikmati sensasi mendayung kano. Datanglah ke pantai Sadranan,  Anda dapat mendayung kano sembari menikmati hempasan ombak  dan warna biru air laut serta deretan-bukit karang.  Anda mungkin ingin lebih lama  menikmati keindahan panorama laut pantai Sadranan , bisa Anda lakukan.  dengan  berkemah di tepi. Tidak perlu repot untuk membawa peralatan berkemah , karena pihak pengelola menyewakan dome kapasitas 4 orang seharga Rp 50.000. Di pantai Sadranan juga terdapat sebuah penginapan yang berada di atas bukit. Sebuah penginapan yang sangat indah dengan view lautan luas. (E-001) ***