Duta Besar Moazzam Saksikan Lomba Debat Bina Bangsa School

114

BISNIS BANDUNG–Duta besar negara perwakilan Inggris untuk Indonesia, ASEAN dan Timor Leste Mr. Moazzam Malik, secara resmi membuka lomba debat Model United Nations (MUN) antar siswa SMA  Bina Bangsa School di seluruh Indonesia, di Kampus Bina Bangsa School Jalan Sentra Dago Pakar Raya Blok F-1, Bandung, Jumat (12/4/2019).Kegiatan lomba  yang pertama kalinya tersebut mengusung tema “Diplomacy: The Key to Global Peace.”

Ketika sampai di Bina Bangsa School Bandung, Moazzam Malik langsung disambut dan bertemu dengan murid-murid BBS Bandung sekaligus menyaksikan berbagai kreatifitas seni hasil karya para siswa-siswinya.

Alasan yang membuat Moazzam malik  berkunjung ke kampus Bina Bangsa School karena terkesan atas capaian siswa-siswi BBS Bandung sering mendapat penghargaan dan prestasi dari Cambridge Inggris. Itulah yang membuat Moazzam malik ingin berkunjung dan bertatap langsung dengan para siswa-siswi Bina Bangsa School Bandung.

Menurut Hendro Widjaya selaku Superintendent of Bina Bangsa Schools, kegiatan lomba debat Model United Nations (MUN) merupakan simulasi pendidikan agar semua siswa-siswi tahu bagaimana PBB bekerja tentang delegasi. Selain itu siswa-siswi akan lebih paham lagi mengenai wawasan secara global, dan memberikan solusi atas pemecahan global issues yang terjadi di dunia.

“Ini merupakan program Bina Bangsa School (BBS) dalam memajukan anak-anak dalam program pendidikan, agar lebih berani berdiskusi, belajar public speaking membuka wawasan secara global. kegiatan ini akan menjadi agenda rutin disetiap tahunnya,”ujar Hendro.

Berbicara tentang lomba debat Model United Nations adalah merupakan pendidikan simulasi atau kegiatan akademik di mana siswa dapat belajar tentang diplomasi,  hubungan internasional, dan PBB. MUN melibatkan dan mengajarkan para siswa untuk meneliti, public speaking, debat, dan keterampilan menulis. Di samping tentunya  untuk berpikir kritis, kerja sama tim dan kepemimpinan.

Lomba debat MUN  tahun ini diikuti sebanyak 118 peserta dari 6 sekolah Bina Bangsa School yang ada di Indonesia. Mereka berdebat dengan total sebanyak 14 topik yang dibahas.

“Mudah-mudahan tahun depan kampus BBS yang lain bisa menggelar lomba debat serupa serta membahas segala isu hangat yang ramai dan berkembang di tengah masyarakat, “ujar Kyle Gauis Jonsson, selaku Secretary General dan Ketua Penyelenggara Lomba Debat MUN. (E-002)***