Di Pantai Sawarna Banten Terdapat Layar Kapal Milik Sangkuriang

676

Pantai Sawarna, sebuah kawasan pantai di wilayah Provinsi Banten menjadi ikon Banten. Nama pantai ini berasal dari nama seseorang yang menjadi kepala Desa Sawarna yang hidup pada tahun 1900.Pantai Sawarna  memiliki satu goa dan juga tujuh pantai dengan panorama alam yang berbeda satu sama lainnya. Letak pantai Sawarna berada di Wilayah Kecamatan Lebak, Banten. Jika kita berangkat  dari Jakarta menuju obyek ini kurang lebih 234 kilometer. Meski berada jauh, pantai Sawarna menjadi tujuan para wisatawan dan peselancar.

Di  pantai Sawarna tersedia berbagai macam obyek wisata lengkap , dari mulai wisata kuliner hingga wisata surfing. Wisatawan terkadang enggan mendatangi suatu tempat wisata, lantaran akses menuju lokasi susah. Namun tidak  untuk akses menuju pantai Sawarna, karena sangat mudah , sehingga bisa meminimalisir kendala dalam perjalanan. Selain itu rute  menuju Sawarna yang luas dan eksotis ini terbilang mudah dan banyak jalur alternatif.

Ada beberapa jalur yang bisa Anda gunakan untuk pergi berwisata ke pantai Sawarna. Bila perjalanan dimulai dari Jakarta menuju ke Serang , berlanjut ke Pandeglang menuju ke Saketi, Malingping ,  Bayah, hingga tiba di Sawarna. Atau  rute Rangkasbitung ke Gunung Kencana, ikuti jalur ke arah Malingping menuju ke Bayah, kemudian Sawarna.

Alternatif lain, jika perjalanan dari Jakarta bisa melalui ke Ciawi Bogor  melewati Cibadak Sikabumi , berlanjut ke Pelabuhan Ratu , Cisolok  hingga ke Sawarna.  Anda memulai perjalanan dari Kota Bandung, bisa melewati jalur menuju Cianjur , Cibadak Sukabumi , Pelabuhan Ratu, Cisolok, menuju  pantai Sawarna  mengikuti jalur sesuai arah penunjuk jalan.

Apa saja obyek wisata di pantai Sawarna Banten  yang bisa dinikmati. Diantaranya pantai Karang Taraje sebuah spot pantai yang eksotis dan unik. Di kawasan pantai terdapat deretan batu karang yang bertingkat-tingkat. Bentuknya sangat mirip dengan tangga. Uniknya lagi, ombak yang menghantam karang dari sisi yang berbeda membuat lemparan air ombak pada karang  seolah-olah seperti tumpahan  air terjun yang berpadu dengan indahnya alam menjadikan suasana pantai menjadi memukau.  Selain pantai Karang  Taraje , juga ada pantai Tanjung Layar. Sebuah karang raksasa yang menancap di tengah laut  menyerupai layar kapal. Konon, layar kapal tersebut milik Sangkuriang . Pemandangan karang berbentuk layar kapal ini menjadi magnet tempat wisata , hingga menarik banyak pengunjung . Di pantai Sawarna , selain pantai Karang Taraje dan Tanjung Layar , juga terdapat obyek lain berupa  bongkahan karang  , antara lain Karang Seupang , pantai Ciantir. Dari pantai Ciantir , Anda bisa menikmati pemandangan saat jelang matahari terbenam yang berpadu dengan deburan ombak  pantai selatan.  Pantai ini banyak dimanfaatkan pehobi surfing . Ombak di pantai Ciantir  bisa mencapai tujuh meter pada bulan tertentu.

Di Sawarna , juga pantai Teluk Legon Pari . Berbeda dengan pantai-pantai lainnya, di pantai ini bisa dinikmati berupa pemandangan matahari terbit dan tenggelam. Lain halnya dengan pantai Karang Bokor, walau tidak begitu populer , namun ”kekebalan” karang Bokor mampu melindungi pantai dari hantaman gelegar ombak besar pantai selatan yang menambah panorama eksotis pantai Sawarna dengan sejuta pesonanya. (B-003)***