Jelang Angkutan Lebaran, PT KAI DAOPS Dua Cek Kesiapan Jalur Kereta

42

Menjelang pelaksanaan masa angkutan lebaran 2019 yang akan dimulai pada 26 Mei sampai dengan 16 Juni 2019, berbagai persiapan terus dilakukan jajaran PT Kereta Api Indonesia daerah operasi 2 Bandung. Salah satunya dengan melakukan pengecekan jalur kereta melalui gerakan memeriksa, merawat dan memperbaiki prasarana yang disingkat dengan gempar.Meski masa arus mudik lebaran masih tersisa satu bulan lagi, berbagai kegiatan untuk keamanan dan kelancaran perjalanan kereta api angkutan lebaran terus dilakukan phak PT KAI daerah operasional dua Bandung. Diantaranya dengan melakukan pengecekan jalur kereta melalui gerakan memeriksa,merawat dan memperbaiki prasarana yang disingkat dengan gempar.

Untuk kegiatan tersebut, pihak PT KAI DAOPS dua Bandung menurunkan puluhan petugasnya, yang bekerja secara berkala setiap hari selasa, kamis dan sabtu. Menurut Executive Vice President PT KAI daerah operasi dua Bandung, Saridal, pemeriksaan jalur dan penggantian bantalan dilakukan untuk memastikan kesiapan jalur kereta sehingga aman dan nyaman untuk dilalui oleh kereta selama angkutan lebaran.

Selain melakukan penggantian bantalan yang rusak dan batu balas dikanan kiri jembatan dan kanan kiri perlintasan, juga dilakukan di depan pintu wesel agar tidak terjadi genangan dan menjaga rel stabil,karena ini dinilai merupakan titik lemah.

Termasuk melakukan pemeriksaan dan pemeliharaan jembatan. Sementara itu dari hasil pantauan petugas mulaiĀ  dari Cikampek hingga Stasiun Bandung,ada 15 titik yang harus segera diperbaiki. Dimana proses perbaikan dan kesiapan prasarana jalur kereta yang sudah dilakukan untuk wilayah daops dua Bandung, hingga saat ini baru mencapai 25 persen, dan ditargetkan kegiatan normalisasi jalur kereta ini, akan selesai 10 hari menjelang masa angkutan lebaran.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.