Usaha Berbasis Potensi Daerah Mendorong Peningkatan Ekonomi Lokal

44

BISNIS BANDUNG – Terkait inkubator bisnis atau bisnis berbasis potensi daerah, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan berharap  bisnis berbasis potensi daerah bisa memberikan peluang dan  berkembang   selaras dengan program Sumedang Simpati.“Di era Industri 4.0 dan berkembangnya industri inovatif  akan memberikan manfaat pada terciptanya lapangan pekerjaan. Selain itu, juga dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal, menambah pemasukan pajak , sampai pada peningkatan produk lokal,”ungkap jelas Erwan, di dampingi Kadisnakertrans Sumedang, Dikdik Sadikin seusai kegiatan Bimbingan Inkubasi Bisnis Berbasis Potensi Daerah Pra Purna Kerja/Purna Kerja 2019 di Hotel Sahid Skyland City, Jatinangor, Selasa (23/4/2019).

Dikemukakan Erwan , kegiatan bimbingan inkubasi bisnis dapat mengembangkan usaha baru dan usaha kecil yang berpotensi menjadi usaha mandiri yang mampu menghadapi persaingan lokal maupun global.

“Para pelaku usaha harus dapat mempromosikan semangat berwirausaha dengan menyertakan perusahaan-perusahaan swasta yang diharapkan mampu memberikan kontribusi pada sistem ekonomi pasar,” katanya.

Selain itu Erwan juga berharap, peserta bimbingan Inbis (inkubator bisnis) bisa membuka alternatif peluang melalui pengembangan perusahaan baru dengan didukung aplikasi di bidang industri secara komersial melalui studi dan kajian yang memakan waktu serta biaya yang relatif murah.

“Menyusul adanya akses Tol Cisumdawu, Kawasan Industri Buahdua Tomo (Butom) dan Kepariwisataan di Sumedang, harus  menjadi potensi peluang usaha dan peningkatan perekonomian masyarakat di Sumedang,” tandasnya. (E- 010) ***