Bupati Cirebon Non Aktif Di Tuntut 7 Tahun Penjara

46

Bupati Cirebon Non Aktif Sunjaya Purwadisastra, dituntut tujuh tahun penjara oleh Jaksa penuntut umum KPK, dalam sidang di pengadilan TIPIKOR Negeri Bandung. Terdakwa, dianggap menerima gratifikasi terkait jual beli jabatan.jaksa pun menuntut agar hak politik terdakwa,di cabut selama lima tahun.

Terdakwa Sunjaya Purwadisastra, kembali menjalani sidang di pengadilan TIPIKOR Bandung, Rabu petang, dengan agenda pembacaan tuntutan dari jaksa penuntut umum KPK.

Dalam tuntutannya, Jaksa menilai terdakwa telah melanggar tindak pidana yang diatur dalam Pasal 12 huruf B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999, tentang pemberantasan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan pertama.

Jaksa penuntut umum, menuntut hukuman pidana penjara selama tujuh tahun denda sebesar empat ratus juta rupiah. bila tidak dibayar,maka diganti kurungan selama enam bulan.

Menurut jaksa, hal yang memberatkan terdakwa yakni tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan korupsi. selain itu telah merusak sistem promosi jabatan di Pemerintahan dan selaku bupati tidak memberikan teladan yang baik.

Usai sidang,terdakwa pun enggan memberkikan keterangan,dengan alasan sakit.tuntutan jaksa tersebut dinilai kurang tepat dan untuk bantahan sendiri akan dimasukan dalam pledoi nanti.

Jaksa penuntut umum dari KPK pu meminta agar Majelis Hakim Pengadilan TIPIKOR Bandung, mencabut hak politik terdakwa selama lima tahun untuk dipilih pada pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah.

Kasus tersebut terungkap setelah petugas KPK melakukan operasi tangkap tangan, dan terdakwa menerima uang seratus juta rupiah dalam kasus jual beli jabatan di Pemerintahan Kabupaten Cirebon.

Yuwana Kurniawan, Bandung TV.