Pesona Keelokan Alam Dari Ketinggian Puncak Sempur Karawang

133

           Apa yang ada dalam benak saat mendengar Kota Karawang. Pasti mengingatkan pada sebuah daerah penghasil beras,kawasan industri serta  tempat bersejarah pada masa revolusi kemerdekaan. Namun selain itu , Karawang dikenal karena memiliki potensi wisata alam menakjubkan , Salah satunya adalah Puncak Sempur di wilayah Loji. Menuju lokasi Puncak Sempur membutuhkan waktu perjalanan sekitar satu jam dari pusat Kota Karawang melalui jalan Badami , Pasar Loji. Dari pertigaan jalan Pasar Loji ada papan petunjuk arah . Ambil jalur kanan ikuti papan petunjuk menuju Wisata Gunung Sangga Buana, kemudian belok kiri setelah ada papan petunjuk Wisata Gunung Sangga Buana. Setelah sampai tempat wisata Sangga Buana, masih terus melanjutkan perjalanan karena puncak Sempur berada di ujung. Walaupun ketinggiannya hanya sekitar 712 mdpl, tapi bagi yang suka petualangan sangat cocok karena pemandangan dari Puncak Sempur  luar biasa keren. Untuk biaya parkir motor Rp 5.000 , mobil Rp 10.000 . Sedangkan tiket masuk ke kawasan Puncak Sempur Rp 10.000/orang.

         Pegunungan cantik dan hijau ini memiliki luas 300 hektar. Kawasan Puncak Sempur memiliki peranan penting sebagai kantung air bagi warga Karawang dengan mata air yang mengalir melalui sungai Cibeet dan Citarum. Keberadaan pepohonan di Puncak Sempur juga  menjadi daerah resapan air  . Di sini terdapat sejumlah warung yang bisa dijadikan tempat istirahat termasuk aula untuk menginap . Jika ingin nyaman, tersedia villa dengan beragam bentuk dan biaya. Untuk mereka yang berjiwa petualang, banyak yang mendirikan tenda untuk camping . Lokasi ini sering dijadikan tempat camping atau acara gathering dan  yang suka berselfie . Pengunjung tidak perlu repot membawa peralatan camping, karena  pengelola  menyediakan sewaan peralatan camping dengan harga  relatif murah.  Soal makanan, di area Puncak Sempur , banyak  berdiri warung-warung  milik warga setempat .

          Di atas ketinggian kita bisa menikmati udara dingin dan sejuk, membuat kita betah berlama-lama berada di Puncak Sempur ini. Dari  Puncak Sempur , bisa terlihat Kota Bogor dan Cianjur. Popularitas Puncak Sempur tidak bisa dipungkiri berkat kemajuan teknologi komunikasi saat ini. Akses sosial media yang tidak terbatas membuat banyak  foto foto maupun video tentang Puncak Sempur yang  bisa dilihat. Pengunjung ke Puncak Sempur ,  didominasi oleh kalangan remaja , walau banyak pula pengunjung yang membawa anggota keluarganya .Daya tarik utama kawasan Puncak Sempur karena panorama alamnya , kesegaran udara merupakan hal lainnya yang menjadi favorit bagi para pengunjung yang datang selain penduduk lokal Karawang, juga dari Jakarta,Bandung, bahkan ada pengunjung dari luar  Jawa Barat. (E-001) ***