Cegah Bencana Alam, Paskhas TNI AU Tanam Kopi Di Lahan Kritis

21

Guna mengembalikan ekosistem hutan yang rusak akibat alih fungsi lahan, serta maraknya penebangan pohon oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, pasukan khas TNI AU, melakukan penanaman serta budidaya kopi khas TNI AU,yaitu kopi baringga. Tujuannya yakni untuk mengembalikan ekosistem hutan, menjaga kelestarian dan fungsinya, juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani kopi.Maraknya alih fungsi lahan, penebangan pohon liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, menjadi penyebab utama terjadinya bencana alam seperti tanah longsor, dan banjir, di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Bandung.

Bertempat di Desa Rawa Bogo, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung, PASKHAS TNI AU melakukan penanaman budidaya kopi khas PASKHAS TNI AU, yaitu kopi baringga.

Menurut komandan KOPUSDIKLAT PASKHAS, Kolonel PAS Anis Nurwahyudi, penanaman kopi ini berlandaskan pada salah satu program TNI yaitu kemanunggalan TNI bersama rakyat, serta banyaknya lahan atau hutan.,

selain melakukan penanaman kopi, pasukan khas TNI AU juga memberikan pelatihan budidaya tanaman kopi bagi masyarakat, yang tinggal di sekitar hutan. Harapannya, bisa menjadi lahan penghasilan serta ketahanan pangan masyarakat.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,