Gubernur “Ortu Siswa Yang Terlibat Aksi Akan Dipanggil”

52

Menyikapi aksi yang dilakukan ratusan pelajar saat hari buruh selasa kemarin, Gubernur menyatakan, menyerahkan penyelesaiannya ke kepolisian. Tapi, dirinya pun menegaskan, ada konsekuensi atas aksi yang dilakukan tersebut, salah satunya, orangtua siswa yang terlibat aksi akan dipanggil. Ditemui usai upacara peringatan hari pendidikan nasional rabu pagi, Gubernur Jawa Barat menyatakan, Negara memberikan jaminan kebebasan berpendapat, sehingga tidak ada masalah selama tidak merugikan ketertiban umum ataupun melanggar hukum. Aksi yang dilakukan buruh selasa kemarin berlangsung lancar. Namun, ada pihak lain yang melanggar ketertiban. Pihaknya pun menyerahkan hal ini ke kepolisian. Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun menganggap, ratusan siswa yang ditangkap hanya ikut-ikutan. Namun, karena melanggar aturan, mereka akan mendapatkan konsekuensi. Salah satunya, orang tua mereka akan dipanggil kepolisian atupun pihak sekolah.

Sementara itu, kepala dinas pendidikan jabar mengatakan, dirinya akan mencari informasi yang lebih akurat terkait para pelajar yang mengikuti aksi tersebut.

Emil pun mengakui, di era digital, informasi seliweran dan susah difilter. Yang perlu diedukasi kembali adalah cara mereka menyampaikan pendapat, bukan perihal yang disampaikan.

Budi Hartati, Bandung TV.