Banyak Irigasi Perlu Perbaikan

32

BISNIS BANDUNG- Semua  pihak diminta  bersama-sama menjaga dan memelihara infrastruktur irigasi di Jawa Barat. Selain itu, jangan sampai irigasi yang rusak tidak diperhatikan, sebab keberadaannya sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan air bagi  masyarakat.Hal itu dikemukan Ketua DPRD Jawa Barat, Ineu Purwadewi Sundari  ketika bersama Komisi IV melakukan monitoring kegiatan tahun 2019 dan persiapan kegiatan perubahan tahun 2019 di UPTD PSDA Wilayah Sungai Citanduy, Kota Tasikmalaya, baru-baru ini.

“Kami melakukan monitoring serta mengechek kesiapan UPTD dalam pembangunan fisik, serta melihat kebutuhan dari UPTD Citanduy. Ini dilakukan dalam rangka perbaikan beberapa sumber daya air yang ada di Tasikmalaya dan sekitarnya,” katanya.

Berdasarkan hasil pemantauannya,  tidak sedikit kondisi infrastruktur irigasi khususnya di daerah Tasikmalaya dan sekitarnya membutuhkan perbaikan. Karena itu DPRD Jabar meminta, Pemprov Jabar memperhatikan kondisi infrastruktur irigasi di Jawa Barat.

“Saat ini kami melihat Pemprov Jabar sudah memberikan bantuan, tetapi kalau dilihat dari hasil dokumentasi yang dilakukan masih banyak daerah irigasi yang perlu ada perbaikan-perbaikan,”katanya.

Ia  menghimbau, bahwa kondisi infrastruktur di Jawa Barat harus menjadi perhatian seluruh pihak.

Mengomentari pembangunan Situ (danau) Wangi, ia mengharapkan agar  segera dilaksanakan. Sebab pembangunan situ ini akan memunculkan multidampak.

Dia optimistis   jika  pembangunan Situ Wangi  sudah selesai  bakal berdampak pada meningkatnya potensi wisata.

“Kami meminta agar pembangunan (Situ Wangi) segera dapat diselesaikan karena selain dapat mendorong potensi wisata, itu bisa membantu kebutuhan air di wilayah tersebut,”kata Ineu.

Selain mendorong rencana pembangunan Situ Wangi, Ineu pun mendorong, percepatan pembangunan embung atau cekungan penampung untuk memenuhi kebutuhan air bagi masyrakat Tasikmalaya dan sekitarnya.

“Kalau bisa lima embung, setiap tahun satu embung bisa terwujud untuk memenuhi kebutuhan air bagi wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya,” katanya. (B-002)***