Air Panas Cisolok Tempat Enon dan Menir Berendam

70

Sumber air panas Cisolok merupakan  pemandian air panas yang terletak berdekatan dengan pantai  Pelabuhan Ratu  Kab.Sukabumi. Sesuai namanya, tempat wisata ini menawarkan air panas sebagai sajian utama. Pemandian air panas Cisolok , awalnya di temukan oleh warga Belanda yang tinggal di Sukabumi zaman kolonial dulu  dan menjadi tempat favorit para enon dan menir Walanda berendam air panas pada jaman itu.

Pemandian air panas Cisolok memiliki hal unik yang membedakan dengan sumber air panas lain ,letaknya di daerah pantai dan tidak berada di pegunungan seperti kebanyakan tempat pemandian air panas lainnya, para pengunjung yang datang ke sumber air panas Cisolok dapat melihat  langsung semburan air panas  dari celah bebatuan di tengah sungai.

Di tempat ini dalam waktu-waktu tertentu jika anda sedang beruntung,  dapat menyaksikan primata kususnya kera dan lutung yang bergelantung di pepohonan sekeliling pemandian air panas. Di Cisolok  terdapat tiga titik sumber air panas dengan suhu air sekitar 80 derajat celcius, jadi harus hati-hati jika tak ingin kulit anda melepuh, jangan coba-coba mandi di sumber air panas  yang memiliki suhu tinggi.

Sebelumnya sumber air panas Cisolok tidak menyebur keatas, karena tekanannya yang tidak terlalu besar,  warga sekitar menumpuk bebatuan di celah – celah bagian air yang keluar. Sehingga air bisa menyembur ke atas hingga mencapai ketinggian kurang lebih sekitar 3 meter dan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung .
Wisata alam sumber air panas  di Cisolok bukan berasal dari pemanasan oleh magma di dalam perut bumi, air panas Cisolok bersumber  dari Geyser ( air panas yang melewati kerak bumi ) dengan tekanan dari dalam perut bumi sangat  besar, sehingga  menyebabkan air tanah bersuhu cukup tinggi, menyebabkan air panas  menyembur keluar.

Karena sumber mata air panas berasal dari geyser , sebab itu air panas Cisolok  tidak mengandung belerang. Tetapi bukan berarti tidak memiliki kasiat,  karena air panas yang keluar  memiliki kandungan mineral yang tinggi ,konon untuk menyembuhkan  rematik dan penyakit kulit.

Pemandian yang terbuka untuk umum ,terbagi dalam 2 kategori. Jika  pengunjung ingin menikmati air yang menyembur dapat menyemburkan diri ke sungai. Sedangkan bagi anda yang ingin lebih santai dan privat dapat memilih kolam – kolam yang di sediakan oleh pihak pengelola ,ditambah sajian pemandangan khas  di wilayah Pelabuhan Ratu.

Bagi pengunjung sebelum merasakan semburan khas pemandian air panas Cisolok, jangan lupa membawa pakaian renang dan pakaian ganti dan membawa bekal makanan dari rumah. Secara administratif  lokasi air panas berada di wilayah Desa Cisolok, Kecamatan Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Wisata alam sumber air panas Cisolok  berjarak sekitar 15 kilometer dari pantai Pelabuhan Ratu. Rute Pelabuhan Ratu – Cisolok, melintasi area wisata pantai Karanghawu, Citepus dan Cibangban. Sesampai di pertigaan Cisolok, ambil arah kanan untuk menuju tempat pemandian air panas. Sampai di tempat parkir , Anda harus berjalan kaki melewati jembatan gantung yang dapat memberikan sensasi tersendiri. (B-003/BBS) ***