Reaktivasi Jalur KA Rancaekek Jatinangor Diharapkan Bisa Menyokong Perekonomian

86

BISNIS BANDUNG – Rencana reaktivasi beberapa titik jalur kereta api terus bergulir. Khusus untuk perkembangannya jalur Cibatu- Garut ditargetkan sudah selesai pada tahun ini karena pembebasan tanah sudah selesai dilakukan.Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, dengan selesainya reaktivasi jalu KA Cibatu Garut, prioritas kedua adalah reaktivasi jalur Rancaekek – Jatinangor-Tanjungsari.
“Yang paling menantang adalah jalur Bandung – Ciwidey. Kalau lihat dari hasil survei memang di daerah lintasan KA Bandung Ciwidey terdapat pabrik, rumah, ada macam -macam yang mangambil jalur eksisting. Rencana pembebasan sedang dibahas,” ungkap Gubernur, baru-baru ini menyebut masalah rencana pembebasan lahan jalur KA Bandung- Ciwidey usai membahas rencana reaktivasi jalur KA.

Sementara itu Sekda Jawa Barat Iwa Karniwa menambahkan jalur Rancaekek – Jatinangor- Tanjungsari akan menjadi prioritas setelah Garut selesai. Alasannya karena semakin tingginya kegiatan ekonomi dan pendidikan dikawasan tersebut.

“Masyarakat membutuhkan kepastian waktu dan moda yang lancar, kawasan pendidikan di wilayah Jatinangor berkembang pesat,” ujar Iwa.

Selain itu jika jalur tersebut berhasil direaktivasi, akan menambah kepercayaan masyarakat untuk menggunakan Bandara Kertajati.

”Ini bisa menjadi titik menuju BIJB lewat kereta api, selain lewat jalan tol Cipali dan Cisumdawu,” tambah Iwa. ***