SATGAS Pangan Kabupaten Bandung Sidak Harga KEPOKMAS

6

Tim SATGAS pangan Kabupaten Bandung, melakukan inspeksi mendadak ke pasar tradisional Soreang, Kabupaten Bandung. Sidak pasar itu digelar dalam mengawasi sejumlah harga bahan kebutuhan pokok masyarakat, pada bulan suci Ramadan.

Tim SATGAS pangan Kabupaten Bandung, yang terdiri atas, Dinas perindustrian dan perdagangan, serta petugas Kepolisian resor Bandung, melakukan sidak ke beberapa pasar tradisional. Pasar Soreang menjadi tempat dilakukan nya sidak. Dalam sidak itu tim satgas pangan langsung mendatangi jongko – jongko pedagang di pasar yang menjual berbagai kebutuhan pokok masyarakat.

Menurut kepala Dinas Perindustrian Dan Perdagangan Kabupaten Bandung, Popi Hopipah, sidak  dilakukan sebagai upaya memantau keamanan pangan untuk dikonsumsi serta ketersediaan pada bulan ramadan, seperti beras, telur, daging sapi, daging ayam, dan kebutuhan pokok lainnya. Dari hasil sidak tersebut, terdapat kenaikan harga yang cukup signifikan yakni bawang putih, dari lima puluh ribu rupiah kini mencapai enam puluh ribu rupiah. Sedangakan bawang merah, dari harga tiga puluh lima ribu rupiah naik hingga empat puluh ribu rupiah.

Sementara itu, harga daging ayam potong sudah mulai merangkak naik sejak empat hari lalu. Daging ayam potong kini dijual tiga puluh enam ribu rupiah per kilogram, dari harga sebelumnya yakni tiga puluh tiga ribu rupiah per kilogram. Kenaikan harga ayam potong diprediksi akan terus naik hingga menyentuh angka tiga puluh delapan ribu rupiah.

Pembeli mengeluh akan kenaikan harga menjelang ramadan, karena di samping pendapatan mereka yang tidak ada kenaikan atau tetap, sedangkan harga kebutuhan pokok merangkak naik.

Dengan dilakukan sidak itu, diharapkan pemerintah bisa mengantisipasi kenaikan harga yang dilakukan oleh oknum curang, serta kelangkaan pasokan, yang seringkali terjadi saat bulan Ramdahan.

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,