7 Peluang Bisnis Menguntungkan Bagi Generasi Milenial

479

Generasi milenial adalah sebutan untuk mereka yang lahir pada rentang tahun 1977-1995. Di era sekarang, kaum milenial ini sudah berada di usia produktif untuk bekerja. Namun ada juga dari mereka yang memilih jalan sebagai wirausaha, membangun bisnis dari nol.

Hal ini sejalan dengan karakter generasi milenial yang bebas, tidak suka terkekang, kreatif, dan lebih suka mengespresikan diri mereka. Lalu, bisnis apa saja yang sesuai dengan karakter generasi milenial? Penasaran sama jawabannya? Simak ulasan berikut ini.

  1. Bisnis Kuliner dengan Menu Unik

Dunia kuliner memang sangat menjanjikan keuntungan cukup lumayan. Kalau milenial yang terjun ke bisnis tersebut, biasanya akan memunculkan ide-ide segar untuk sajian menunya. Terciptalah menu makanan dan minuman yang unik yang lahir dari pemikiran anak milenial, karena sebelum membuka bisnis kuliner, pasti mereka akan menganalisa pasar terlebih dulu.

Sebagai contoh, muncul restoran dengan menyajikan menu minuman green tea, thai tea, sate taichan, dan berbagai macam menu unik lainnya.

  1. Membuka Bisnis Startup

Di zaman yang serba instan ini, bisnis startup sedang naik daun. Hal ini sesuai dengan perkembangan zaman yang diikuti dengan kecanggihan teknologi. Tahu sendiri, generasi milenial sangat akrab dengan yang namanya teknologi.

Tentu saja bisnis startup cocok dengan generasi milenial karena sekarang ini pemasaran atau penjualan, maupun branding terasa lebih mudah lewat internet atau media sosial (medsos). Generasi milenial bisa dengan mudah menuangkan ide-ide barunya untuk memulai membuka bisnis startup.

  1. Membuka Kafe

Bisnis kafe sudah menjamur di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan lainnya. Bisnis kafe menjadi salah satu pilihan kaum milenial untuk memulai usaha karena prospek yang sangat menjanjikan. Kafe dijadikan sebagai tempat nongkrong anak muda.

Bisnis kafe tak sekadar hanya menyiapkan menu makanan dan minuman yang lezat untuk pengunjung. Tapi juga membuat tema unik dalam merancang desain interior dan eksterior untuk tempatnya. Kafe didesain se-intagramable mungin, sehingga pengunjung tertarik melipir ke kafe kamu.

  1. Mulai Bisnis Afiliasi

Apa itu bisnis afiliasi? Bisnis afiliasi adalah bisnis yang pada dasarnya turut serta membantu memasarkan produk orang lain. Bisnis ini meraup untung dari komisi si pemiliki produk. Misalnya, ada produk A. Kamu coba memasarkan produk tersebut lewat media sosial. Bisnis ini sangat cocok bagi selebgram, vlogger, blogger, dan kamu yang menggunakan internet sebagai kebutuhan sehari-hari. Keuntungan yang diperoleh pun lumayan.

  1. Jasa Fotografi

Bagi Anda yang suka foto-foto dengan berbagai objek menarik, baik benda maupun manusia, bisnis satu ini sangatlah cocok, khususnya generasi milenial. Kebanyakan generasi milenial hobi fotografi seiring kepopuleran Instagram sejak 2011 silam.

Setelah itu, banyak generasi milenial mencoba belajar fotografi dan berlomba untuk mengunggah hasil jepretan terbaik mereka di Instagram. Bisnis ini tidak membutuhkan banyak modal karena untuk mencetak suatu foto, tak perlu teknik kamar gelap, seperti pada kamera jadul. Cukup dengan printer dan olah digital di laptop.

  1. Jualan Online

Tren jualan online booming sampai saat ini. Apalagi kehadiran medsos dan berbagai marketplace membuat bisnis online kian berkembang pesat. Pemasarannya tak tanggung-tanggung, mencakup seluruh daerah di Indonesia bahkan hingga luar negeri.

Bisnis online sangat cocok dengan generasi milenial yang melek teknologi. Mereka bisa berdagang lewat medsos atau marketplace tanpa harus membuka toko offline atau konvensional. Jadi kebutuhan modal pun sangat minim.

  1. Bisnis Trading

Bisnis yang cocok untuk generasi milenial adalah bisnis yang erat hubungannya dengan teknologi, termasuk trading. Hal yang dibutuhkan berupa koneksi internet, gadget, serta kemampuan analisa yang baik.

Sayangnya, di Indonesia, trading masih belum begitu populer di kalangan generasi milenial. Padahal, bisnis ini cukuplah menjanjikan walaupun risikonya juga cukup besar. Dibutuhkan modal yang tidak sedikit untuk memulai trading.

Yakinkan Diri dan Wujudkan

Generasi milenial memang identik dengan yang serba instan, praktis. Dibalik kesan negatif itu, tersimpan ide-ide baru yang bisa dikembangkan dalam berbisnis. Jika kamu sedang bingung ingin membuka usaha apa, 7 bisnis di atas bisa menjadi pilihan.

Tentunya terlebih dahulu melakukan riset untuk mengetahui selera pasar saat ini. Hal tersebut penting untuk memulai sebuah bisnis. Bila sudah yakin, segera wujudkan niat itu, jangan tunda-tunda lagi. Jangan takut dengan risiko yang akan muncul, karena risiko bakal selalu ada. Kalau mau jadi pengusaha sukses, harus berani mengambil risiko. (C-003/bbs)***