Sepatu Berbahan Daur Ulang Plastik

48

Inovasi di dunia olahraga memang tak pernah berhenti. Setelah jersey sepakbola yang berbahan daur ulang plastik bekas, kini cara yang sama juga diberlakukan pada sepatu.

Adalah brand apparel outdoor asal Amerika Serikat, Timberland, yang menggunakan jurus tersebut pada sol sepatu buatannya. Hal ini juga berkaitan dengan kampanye “Nature Needs Heroes” yang dicanangkan Timberland.  Mereka mengklaim telah menggunakan ulang 310 juta botol plastik di seluruh dunia untuk bahan sol sepatu buatannya.

Brand Manager Timberland Indonesia, Anita Hartanus, mengungkapkan bahwa Timberland berusaha memanfaatkan material yang bernama ROR (Recycle, Organic and Renewable) untuk seluruh produknya dan menggunakan teknologi terbaru yang disebut ReBOTL.

“ReBOTL itu adalah materi botol plastik yang diproses untuk jadi bahan pembuat sol sepatu kami,” ujar Anita.

Meski menggunakan bahan dari daur ulang botol plastik, Anita menyebut jika kualitasnya tidak berkurang sama sekali. Bahkan, menjadi lebih nyaman ketika digunakan untuk gym atau jogging karena beratnya lebih ringan.

“Berat sepatunya jadi lebih ringan. Bahan campuran rubber dengan plastik. Komposisinya fifty-fifty antara rubber dengan bahan daur ulang,” jelas Anita.

Upaya menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan Timberland sendiri bukan kali ini saja dilakukan. Sejak 2001, Timberland sudah melakukan penanaman pohon di seluruh dunia, yang jumlahnya mencapai 10,2 juta pohon. Pada awalnya target 10 juta pohon itu untuk 2020. Namun, saat ini belum memasuki 2020 sudah tertanam 10,2 juta pohon.

Pada 2020 juga, kata Anita, ditargetkan 100 persen material pembuatan seluruh produk Timberland sudah menggunakan bahan daur ulang atau ROR. (C-003)***