Kymco Mencoba Peruntungan di Pasar Skutik Indonesia

59

Segmen skutermatik masih mendominasi penjualan pasar sepeda motor di Indonesia. Segmen ini menguasai pasar hingga 82 %.  Potensi besar ini dimanfaatkan oleh PT Smart Motor Indonesia (SMI) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) resmi Kymco di Indonesia .

Sebagian  pengguna sepeda motor tentu masih ingat pada awal tahun 2000-an pabrikan dari Taiwan ini sebagai pelopor produk skuter matik di Indonesia. Namun perjalanan Kymco di Indonesia tak mulus setelah dilanda konflik dengan partner lokal. Silang sengketa yang membuatnya hengkang dari Indonesia pada tahun 2008.

Kepergian dealer resmi dari Indonesia tampaknya tak menggoyahkan para pengguna setia Kymco yang tergabung dalam komunitas untuk tetap solid hingga saat ini. Para pemakai setia Kymco merasa  dari segi kekuatan dan kenyamanan memiliki  nilai lebih Kymco dibanding skuter matik lainnya.

Setelah hampir 8 tahun menghilang, Kymco mencoba peruntungannya kembali dengan manajemen baru, kini SMI sedang fokus mempersiapkan jaringan diler untuk penjualan serta purna jualnya di Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Cirebon dan Bali. Kymco diimport langsung dari Taiwan dan dirakit secara completely knocked down (CKD) di Indonesia.

Menurut Chandra Permana, selaku PR PT SMI, Jawa Barat , khususnya Kota Bandung tercatat sebagai pasar yang subur bagi motor skutik. Disini komunitasnya sangat banyak dan solid. Para pemakai setia Kymco masih tetap banyak. Kalau mau bicara untuk target realistisnya belum bisa kami beritahukan. Pihaknya optimis dan fokus terhadap perkembangan jaringan di berbagai daerah.

Kymco hadir dengan 5 skuter matik bermesin 150 cc sampai 400 cc. Racing King 150i, K-XCT200i, Downtown 250 cc, Xciting400i, dan Like 150i.

“Kami menilai Indonesia menjadi potensial market skutik yang sangat besar. Ketika tahun 2008 market skutik hanya 20 %. Namun hingga saat ini marketnya terus tubuh hingga mencapai 82 %. Kami optimistis ini adalah lini pasar yang memiliki potensi besar untuk terus berkembang. Masyarakat akan tahu apa kelebihan serta keunggulan dari skutik yang kami miliki,”ujar Neo Chen, President Director PT. Smart Motor Indonesia, saat berkunjung ke diler Kymco ACS Bandung, Rabu (15/5).

Dalam kesempatan kunjungannya ke Bandung, President Director PT. Smart Motor Indonesia, Neo Chen, menyerahkan 1 unit Kymco Like 150i kepada pemenang lomba foto Instagram #Explorekymconoodoe pada ajang IIMS 2019 yang diraih oleh Rini, warga Wanareja Kabupaten Garut. (E-002)***