Sliding Door Yang Macet

65

MPV (Multi Purpose Vehicle) dengan pintu geser (sliding door) menjadi salah satu jenis perangkat mobil yang populer di Indonesia. Honda Freed, Toyota Sienta, Nissan Serena dan Mazda Biante contohnya yang memiliki pintu geser elektris dan manual.

Timbulnya masalah pada pintu geser kadang-kadang terjadi seolah hanya hal sepele. Paling sering terjadi pada pintu geser elektrik karena dipaksa dibuka atau ditutup secara manual yang menyebabkan kerusakan pada tali sling penarik pintu atau motor elektriknya.

Sling penarik pintu bisa menjadi kendur atau keluar dari jalur relnya. Rel yang jarang dibersihkan juga menjadi salah satu yang bisa merusak pintu geser.

Kotoran yang bertumpuk di rel bisa menghambat atau menambah beban  kerja motor listrik. Untuk itu pintu geser sebaiknya dibersihkan dan diberi pelumas secara berkala pada bearing dan rel pintu.

Jangan terlalu banyak menggunakan gemuk (grease) dalam melumasi pintu geser. Pasalnya, jika terlalu banyak justru akan mengundang banyak kotoran menempel.  (E-002)***